Selasa 02 Jul 2024 14:36 WIB

Maxwell, Mahasiswa Kedokteran Unair yang Jadi Sorotan di Clash of Champions

Maxwell cukup sering mencatatkan juara sejak sekolah hingga kuliah.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Maxwell Salvador, salah satu peserta Clash of Champions.
Foto: Dok. Instagram/@maxwellsalvadorr
Maxwell Salvador, salah satu peserta Clash of Champions.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Maxwell menjadi salah satu Champions, sebutan pelajar yang beradu di Clash of Champions, yang mendapat banyak sorotan dari warganet. Bernama lengkap Maxwell Salvador Surya Atmaja, ia merupakan mahasiswa jurusan kedokteran di Universitas Airlangga.

Maxwell mencuri perhatian warganet setelah berhasil menempati posisi ketiga di tantangan Shuffle and Recall di episode dua Clash of Champions. Maxwell berhasil mengingat 39 kartu dan mengurutkannya dengan benar. Di tiga besar tantangan ini, Maxwell berhadapan dengan Sandy Kristian Waluyo dan Kevin Lius Bong yang sama-sama berkuliah di National University of Singapore (NUS)

Baca Juga

Pencapaian Maxwell pun diapresiasi oleh Champions lain, karena berhasil bertahan dan bersaing di tiga besar menghadapi mahasiswa dari kampus luar negeri. “Jujur ya kalau ngelihat Maxwell bertahan enggak terlalu kaget sih. Maxwell anak fakultas kedokteran di Unair, wah gila pasti hapalannya itu jago banget,” kata Kith, mahasiswa SUTD jurusan Computer Science and Design, dikutip dari saluran YouTube Ruangguru, Selasa (2/7/2024).

Selama sekolah hingga kuliah, Maxwell juga sering mencatatkan juara di berbagai kompetisi. Misalnya meraih juara 3 kompetisi debat 2019 tingkat SMA se-Jawa Timur, dan Juara 1 research paper di AMSI Taiwan tahun 2023. Maxwell kemudian berkuliah di jurusan kedokteran Unair pada 2021, dan berhasil mendapatkan GPA 3,87.

Dalam sebuah unggahan di Instagramnya @maxwellsalvador, ia pernah menceritakan bahwa menjadi seorang dokter adalah cita-citanya sedari kecil.

"Sejak kecil saya sering mengalami kecelakaan hingga harus beberapa kali mendapatkan jahitan di kepala. Beruntungnya saya tetap dapat hidup dan beraktivitas seperti biasa. semua itu berkat kerja keras dari tenaga kesehatan, termasuk seorang dokter yang merupakan perpanjangan tangan Tuhan. Karena peristiwa inilah, sejak kecil saya ingin menjadi seorang dokter," kata Maxwell.

Reality show Clash of Champions kini tengah banyak diperbincangkan masyarakat. Acara yang diinisiasi perusahaan rintisan pendidikan Ruangguru tersebut tayang di aplikasi dan saluran YouTube Ruangguru mulai 29 Juni 2024.

Dalam acara tersebut, puluhan mahasiswa dan mahasiswi dari universitas ternama akan diadu kecerdasannya. Secara umum, peserta akan diuji dalam bidang matematika, deduksi, dan hafalan yang dikemas dalam tantangan menarik. Tantangan-tantangan itu dapat menentukan seberapa jauh peserta dapat bertahan di kompetisi ini.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement