Senin 10 Jun 2024 16:24 WIB

Chef Michelle Santoso Suarakan Dukungan Palestina Lewat Kuliner Khas Menggugah Selera

Chef Michelle Santoso kerap membagikan resep masakan khas Palestina di Instagram-nya.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Chef Michelle Santoso. Chef Michelle Santoso memiliki cara unik untuk menyuarakan dukungan untuk Palestina yaitu lewat kuliner dengan mengunggah konten masakan khas negara tersebut.
Foto: Dok. Instagram/@ms_santoso
Chef Michelle Santoso. Chef Michelle Santoso memiliki cara unik untuk menyuarakan dukungan untuk Palestina yaitu lewat kuliner dengan mengunggah konten masakan khas negara tersebut.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Chef Michelle Santoso memiliki cara unik untuk menyuarakan dukungan untuk Palestina yaitu lewat kuliner dengan mengunggah konten masakan khas negara tersebut. Upayanya itu mendapat apresiasi publik. Chef yang juga aktif sebagai kreator konten ini kerap membagikan resep-resep masakan Palestina di akun Instagram milikinya, @ms_santoso.

Dalam sebuah unggahan video Reels di Instagram, Michelle membagikan resep membuat Palestinian Makloubah. Secara harfiah, maqluba atau makloubah bermakna “dibalik”. Ini merupakan hidangan nasi Palestina terdiri atas nasi, kentang, daging atau ayam, dan beberapa rempah khas yang dimasak secara bersamaan dalam sebuah panci. Setelah matang, hidangan tersebut disajikan dengan cara membalikkannya di atas sebuah wadah.

Baca Juga

Postingan Michelle saat membuat Palestinian Makloubah telah disukai lebih dari 158 ribu orang, dibagikan oleh 9 ribu orang, dan 3.700 komentar. Banyak di antara warganet yang memberi pujian kepada Chef Michelle karena telah mengenalkan makanan khas dan budaya Palestina.

“Kamu diundang untuk mencicipi Palestinian Makloubah yang orisinil ketika Palestina Merdeka,” kata seorang warganet bernama @somaya**.

Please, teruslah berbagi tentang makanan-makanan khas Palestina,” komentar akun bernama @apple**.

“Kamu sangat keren dengan membagikan resep ini. Saya blasteran Chinese dan Palestina, saya sangat berterima kasih karena kamu telah membangun kesadaran tentang makanan khas Palestina,” kata seorang warganet bernama @razzam**.

Dalam podcast di saluran YouTube Ray Janson Radio, Michelle menceritakan awal mula membuat konten masakan Palestina. Sebelum membuat konten, Michelle melakukan riset terlebih dahulu terkait kondisi yang terjadi di Palestina. Ia mengaku sangat tergugah setelah melihat anak-anak dan perempuan menjadi korban penyerangan Israel.

Lebih lanjut dia mengatakan, memperjuangkan kemerdekaan Palestina bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan membuat resep makanan khas Palestina. “Waktu itu gue lagi ngomong sama temen-temen gue kayak, ‘Kalian tahu, kayak-nya gue mau mulai bicara tentang Palestina tapi dari makanan’. Karena saat itu juga gue bisa membagikan cerita dan perjuangan rakyat Palestina, berharap lebih banyak orang yang aware,” kata Michelle seperti dikutip pada Senin (10/6/2024).

Menurut dia, konten masakan Palestina yang pertama dia buat adalah Makloubah, yang menurutnya adalah makanan nasional Palestina sekaligus simbol perlawanan. Michelle yang belum pernah memasak Makloubah sebelumnya mengaku senang karena ternyata rasanya sangatlah lezat.

Gue langsung bikinnya di depan kamera, jadi enggak bikin dulu baru dimakan, bener-bener langsung dibuat dan dimakan. Terus yang bikin bahagia itu makanannya juga enak. ‘Kenapa ya gue enggak pernah makan makanan Palestina?’,” kata Michelle.

Sejak saat itu, dia cukup sering membuat makanan Palestina lain, seperti Musakkhan. Selain aktif sebagai kreator konten, Michelle sendiri saat ini menjadi Chef di Rocket Deli dan The Roots Restaurant Jakarta.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement