Jumat 24 May 2024 19:47 WIB

Berapa Lama Lubang Tindikan di Telinga Bisa Kembali Menutup?

Jika tindikan baru dibuat, lubang akan segera menutup jika tak diberi anting.

Rep: Shelbi Asrianti / Red: Friska Yolandha
Tindik telinga
Foto:

Bagaimana dengan tindikan yang sudah dimiliki sejak kecil? Apakah ada kemungkinan benar-benar akan menutup atau apakah aman untuk mengambil jeda beberapa pekan tidak memakai anting-anting? Pelatih korporat dan manajer pengembangan bisnis Studex, Frances Miranda, berpendapat kemungkinan besar lubang tersebut akan tetap terbuka. "Namun, hal ini bervariasi berdasarkan berapa lama Anda telah melakukan penindikan dan juga pada kemampuan penyembuhan tubuh Anda," tuturnya.

Apa yang harus dilakukan jika mengenakan anting-anting sudah terasa sulit? Apakah lubang tindik sudah tertutup sepenuhnya? Pakar tindik di Nine Moons Piercing, Johnny Pearce, mengatakan hal itu biasa terjadi apabila seseorang tidak memakai anting-anting secara konsisten dalam jangka waktu lama.

Saran dari Pearce, jangan memaksakan anting-anting untuk menembus lubang tindikan, sebab itu akan menyakitkan. Memaksakan anting-anting untuk masuk bisa mengubah lubang tindikan malah menjadi luka terbuka dan menyebabkan pembengkakan, infeksi, dan jaringan parut.  

Pilihan terbaik adalah mencari bantuan penindik profesional untuk mengetahui apakah lubang tindikan benar-benar tertutup atau hanya menyusut. "Mungkin saja lubang tindikan masih terbuka, hanya menjadi sedikit lebih kecil. Saya biasanya menyebut ini sebagai penyusutan tindikan," ungkap Pearce.

 

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement