Jumat 24 May 2024 19:47 WIB

Berapa Lama Lubang Tindikan di Telinga Bisa Kembali Menutup?

Jika tindikan baru dibuat, lubang akan segera menutup jika tak diberi anting.

Rep: Shelbi Asrianti / Red: Friska Yolandha
Tindik telinga
Foto: Freepik
Tindik telinga

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lubang tindikan di telinga ternyata tidak akan selamanya terbuka. Apabila seseorang tidak memakai anting-anting cukup lama, ada kemungkinan lubang tindikan bisa menutup. Apalagi, jika tindikan di telinga baru dibuat, lubangnya bisa lebih cepat menutup jika tidak dipasangi anting-anting.

Hal itu disampaikan oleh salah satu pendiri dan CMO Studs, Lisa Bubbers. "Jika Anda memiliki tindikan baru, lubang Anda akan menutup dalam beberapa jam. Saat Anda membuat lubang di telinga, sistem kekebalan Anda akan bekerja dan mencoba menyembuhkan dan memperbaiki lubang itu," ujarnya.

Baca Juga

Dikutip dari laman Today, Jumat (24/5/2024), Bubbers menjelaskan bahwa kecepatan penyembuhan tindikan berbeda-beda pada setiap orang. Itu juga bergantung pada jenis tindikan yang dibuat. Biasanya, tindik daun telinga akan sembuh dalam waktu 6-12 pekan. Tindik di bagian atas telinga (terutama yang melibatkan tulang rawan) bisa memakan waktu beberapa bulan. 

Untuk membantu mempercepat proses penyembuhan, Bubbers merekomendasikan penggunaan anting yang terbuat dari logam tingkat implan sehingga tubuh akan membentuk lapisan yang telah disembuhkan di sekitar logam tersebut. Jangan melepas anting selama lebih dari 24 jam selama enam bulan pertama usai penindikan untuk mencegah lubangnya menutup. 

Setelah masa penyembuhan usai melakukan tindikan, lubang tindik memang tidak lagi mudah tertutup. Namun, penindik profesional Jef Saunders yang merupakan koordinator hubungan masyarakat untuk Association of Professional Piercers, mengatakan tidak ada lubang tindik yang permanen.

Artinya, selalu ada kemungkinan tindikan akan tertutup jika seseorang melepaskan anting-anting dalam jangka waktu lama. Sulit untuk memprediksi seberapa cepat tubuh akan mencoba menutup tindikan. Secara umum, semakin baru usia tindikan, semakin besar kemungkinan tindikan tersebut akan menutup. "Tidak pernah ada jaminan sebuah tindikan menjadi permanen," kata Saunders.

Bagaimana dengan tindikan yang sudah dimiliki sejak....

 

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement