Jumat 26 Apr 2024 19:46 WIB

Lagu yang Sering Diputar untuk Selebrasi Kemenangan Timnas Indonesia

Ada cukup banyak lagu Indonesia pemantik semangat insan sepak bola.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Pelatih Timnas U-23 Indonesia Shin Tae Yong bersama para pemain melakukan selebrasi seusai berhasil mengalahkan Timnas U-23 Korea Selatan pada babak perempat final Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Jumat (26/4/2024) dini hari. Indonesia melaju ke semifinal Piala Asia U23 setelah mengalahkan Korea Selatan lewat babak adu penalti.
Foto: Dok PSSI
Pelatih Timnas U-23 Indonesia Shin Tae Yong bersama para pemain melakukan selebrasi seusai berhasil mengalahkan Timnas U-23 Korea Selatan pada babak perempat final Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Jumat (26/4/2024) dini hari. Indonesia melaju ke semifinal Piala Asia U23 setelah mengalahkan Korea Selatan lewat babak adu penalti.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kemenangan Timnas Indonesia selalu memunculkan euforia di Tanah Air. Tak jarang, kemenangan Timnas Indonesia dalam sebuah pertandingan akan dirayakan dengan lagu-lagu yang memantik semangat.

Euforia juga kembali dirasakan setelah Timnas Indonesia berhasil unggul atas Korea Selatan melalui adu penalti dengan skor 11-10 dalam laga Piala Asia U-23 2024, Jumat (26/4/2024) dini hari. Kemenangan ini membawa Timnas Indonesia melaju ke babak semi final Piala Asia U-23 2024.

Baca Juga

Untuk mengiringi perjuangan dan kemenangan Timnas Indonesia, ada cukup banyak lagu pemantik semangat dan nasionalisme yang sering kali diputar oleh para penggemar sepak bola. Berikut ini adalah lima lagu di antaranya:

1. "Garuda di Dadaku" (NTRL)

"Garuda di Dadaku" merupakan sebuah lagu yang dirilis oleh band NTRL melalui album The Story Of pada 2009. Lagu ini juga menjadi bagian dari soundtrack film Garuda di Dadaku yang mengusung tema sepak bola dan digarap oleh sutradara Ifa Isfansyah.

Lagu "Garuda di Dadaku" sering kali dilantunkan oleh para penggemar sepak bola untuk menyemangati para pemain ketika bertanding. Bagian lagu "Garuda di Dadaku" yang paling sering digunakan sebagai chant oleh para penggemar sepak bola adalah reff-nya yang berbunyi "Garuda di dadaku. Garuda kebanggaanku. Ku yakin hari ini pasti menang".

2. "Dari Mata Sang Garuda" (Pee Wee Gaskins)

Lagu "Dari Mata Sang Garuda" yang dipopulerkan oleh Pee Wee Gaskins juga sering kali dilantunkan untuk mendukung Timnas Indonesia ketika berlaga. Pee Wee Gaskins pertama kali merilis lagu "Dari Mata Sang Garuda" pada 2010 melalui album Ad Astra Per Aspera.

Lirik dalam lagu ini memang tidak secara spesifik mengangkat tema sepak bola. Akan tetapi, lagu ini memiliki irama yang menghentak, pesan pantang menyerah, hingga nuansa nasionalisme yang kental. Hal ini membuat lagu "Dari Mata Sang Garuda" sangat cocok untuk menggelorakan semangat dan mendukung para pemain.

3. "Bersama Garuda" (Wika Salim)

Lagu "Bersama Garuda" pertama kali diluncurkan oleh Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) pada 2023. Lagu yang dinyanyikan oleh Wika Salim ini memiliki genre dangdut yang mudah dinikmati oleh banyak orang.

Salah satu bait yang paling populer didendangkan dalam lagu ini berbunyi "Ku yakin bisa menjadi bintang, menggapai mimpi, bersama Garuda". Lagu ini dihadirkan oleh PSSI untuk menandai kebangkitan sepak bola Tanah Air.

4. "Tendangan dari Langit" (Kotak)

Sama seperti "Garuda di Dadaku", lagu "Tendangan dari Langit" juga digunakan sebagai soundtrack untuk film bertema sepak bola dengan judul sama yang digarap oleh sutradara Hanung Bramantyo. Lagu ini dirilis oleh band Kotak pada 2011 melalui album Energi (Repackaged).

Tak hanya menjadi soundtrack untuk film bertema sepak bola, video musik untuk lagu "Tendangan dari Langit" juga digarap di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Lagu ini memiliki bait yang berbunyi "Pasti kita terbang tinggi, bila terus berlari. Teruskanlah tanpa henti".

5. "Tanah Airku"

Saat ini, para penggemar sepak bola memiliki sebuah tradisi untuk menyanyikan lagu "Tanah Airku" di stadion, setelah Timnas Indonesia berlaga. Lagu ini memiliki lirik yang menyentuh dan memercikkan rasa cinta terhadap Tanah Air, seperti berikut ini:

"Tanah airku tidak kulupakan

'kan terkenang selama hidupku

Biarpun saya pergi jauh

Tidak 'kan hilang dari kalbu

Tanahku yang kucintai

Engkau kuhargai"

Lagu nasional Indonesia ini diciptakan oleh Ibu Sud pada 1927. Lagu "Tanah Airku" dibawakan oleh penyanyi senior Rita Effendy.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement