Rabu 24 Apr 2024 23:48 WIB

WHO: Vaksin Selamatkan 154 Juta Nyawa dalam 50 Tahun

Sebagian besar yang mendapat manfaat dari vaksin ialah bayi.

Rep: Mabruroh/ Red: Reiny Dwinanda
Petugas kesehatan meneteskan vaksin kepada anak saat kegiatan Bulan Imunisasi Anak Nasional di halaman Masjid At Taqwa, Sukajadi, Kota Bandung, Selasa (2/8/2022).
Foto:

Menurut penelitian, vaksin campak menyumbang 60 persen dari nyawa yang terselamatkan berkat imunisasi. Campak merupakan penyakit infeksi virus yang sangat menular dan utamanya menyerang anak-anak. 

Vaksin polio telah membuat lebih dari 20 juta orang dapat berjalan hari ini. Padahal, jika tidak ada vaksin polio, mereka bisa saja menjadi lumpuh.

Studi tersebut juga menunjukkan bahwa ketika vaksin menyelamatkan nyawa seorang anak, maka orang tersebut akan hidup rata-rata selama 66 tahun dalam kondisi kesehatan penuh. Orang menikmati total 10,2 miliar tahun kesehatan penuh yang diperoleh selama lima dekade.

 

"Keuntungan dalam kelangsungan hidup masa kanak-kanak ini menyoroti pentingnya melindungi kemajuan imunisasi," kata WHO merujuk pada upaya percepatan untuk menjangkau 67 juta anak yang melewatkan setidaknya satu vaksinasi selama pandemi Covid-19.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement