Jumat 19 Apr 2024 18:56 WIB

Ribuan 'Tumor Gelembung' yang Selimuti Wajah dan Tubuh Wanita Trinidad Berhasil Dibuang

Tumor gelembung itu dikenal sebagai neurofibromatosis NF-1, sebuah kondisi langka.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Transformasi Charmaine Sahadeo sebelum dan setelah menjalani operasi pengangkatan tumor gelembung. Wanita berusia 43 tahun asal Trinidad itu kini sudah tak kesulitan bernapas dan bisa merias wajahnya.
Foto:

Perjuangan Charmaine tidak berakhir di sana. Dengan tekad yang kuat dan dukungan dari keluarga serta tim medis, Charmaine menjalani operasi selama 60 jam yang mengubah hidupnya. Seorang ahli onkologi bedah kepala dan leher yang berbasis di Los Angeles di AS, Ryan Osborne, memimpin tim dalam proses yang menantang ini.

"Saya pribadi belum pernah melihat pasien secara klinis, dan saya belum pernah melihat pasien di buku teks, yang kondisinya seburuk Charmaine. Bagi saya, dia tampak seperti satu-satunya (terparah)," ujar dr Osborne.

Setelah 24 operasi selama 10 pekan dengan total waktu operasi sekitar 60 jam, Charmaine akhirnya melihat perubahan dramatis pada tubuhnya. Gelembung terbesar dari wajahnya telah diangkat, sehingga memungkinkannya untuk tersenyum dengan jelas. 

Charmaine juga dapat merias wajahnya dengan mudah. Yang paling penting, dia bisa melihat dan bernapas dengan lebih baik.

Charmaine merasa sangat bersyukur dengan transformasinya yang luar biasa ini. Meskipun prosesnya penuh dengan rasa sakit dan tantangan, dia merasa lebih cantik dan bahagia dengan penampilannya yang baru.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement