Rabu 10 Apr 2024 01:50 WIB

TMII Suguhkan "Jelajah Festival Pulang Kampung" Sambut Libur Lebaran

Jelajah Seru Festival Pulang Kampung berlangsung mulai 8 April-15 April 2024.

Suasana Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur. TMII menyuguhkan pertunjukan Jelajah Seru Festival Pulang Kampung selama libur lebaran.
Foto: Republika/Alkhaledi Kurnialam
Suasana Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur. TMII menyuguhkan pertunjukan Jelajah Seru Festival Pulang Kampung selama libur lebaran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA  -- Taman Mini Indonesia Indah (TMII) menyuguhkan pertunjukan "Jelajah Seru Festival Pulang Kampung" dalam rangka menyambut libur Lebaran 1445 Hijriah yang berlangsung 8 April-15 April 2024. Direktur Utama TMII Claudia Ingkiriwang mengatakan kegiatan ini ditujukan untuk warga yang ingin menikmati libur Lebaran tapi tidak dapat mudik ke kampung halaman.

"Kan kalau Lebaran inginnya pulang kampung. Nah pulang kampungnya di Taman Mini, dengan konsep menjelajahi Taman Mini," kata Claudia saat jumpa pers di TMII, Cipayung, Jakarta Timur, Senin (8/4/2024).

Baca Juga

Rangkaian acara itu mulai dari bazar kuliner dan UMKM dari berbagai anjungan daerah hingga atraksi budaya dan kesenian. Kegiatan dimulai pada 8 April 2024 dengan suguhan tradisi lompat batu asal Nias, Sumatera Utara. Festival Pulang Kampung juga menyuguhkan berbagai ragam kuliner Nusantara.

Kemudian pertunjukan Reog Ponorogo, bambu gila, Borneo Show, kuda lumping yang ditampilkan di area Plaza Kori Agung, parade Harmoni, pertunjukan bakar batu di anjungan Papua.

Lalu atraksi perpaduan teknologi visual, musik, pertunjukan cahaya, penampilan animasi dongeng Nusantara dalam air mancur menari, air mancur Menari Tirta Renjana, dan air mancur menari Tirta Cerita.

"Ada juga penampilan Disko Pantera. Untuk kuliner juga sudah kita siapkan, kita datangkan UMKM asli dari daerah asalnya seperti Lontong Medan, Ketupat. Semua sudah kita siapkan," ujarnya.

Seluruh hiburan tersebut dapat dinikmati pengunjung tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan, atau sudah termasuk dalam tiket masuk TMII Rp 35 ribu.

Harga tiket itu memang naik bila dibandingkan pada hari biasa Rp 25 ribu, namun selama libur lebaran TMII menambah suguhan hiburan dan pelayanan pengunjung.

Pengunjung hanya dikenakan biaya tambahan bila hendak menjajal wahana tambahan seperti kereta gantung untuk menikmati pemandangan TMII dari langit, atau sewa kendaraan listrik.

Pada hari pertama lebaran, 10 April 2024, TMII akan buka mulai pukul 09.00 hingga 20.00 WIB, sedangkan hari-hari berikutnya akan beroperasi mulai pukul 06.00 hingga 20.00 WIB.

Claudia mengimbau agar pengunjung membeli tiket secara online untuk menghindari antrean di pintu masuk. Bagi yang menggunakan angkutan umum terdapat bus TransJakarta di pintu masuk TMII.

Tersedia juga layanan antar jemput (shuttle) gratis yang langsung mengangkut pengunjung dari stasiun LRT TMII ke Tourist Information Center TMII dan sebaliknya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement