Ahad 07 Apr 2024 08:19 WIB

Aktor Joker Joaquin Phoenix dan Pekerja Kreatif Yahudi Tolak Pembungkaman di Hollywood

Jonathan Glazer yang merupakan sutradara keturunan Yahudi kini dapat dukungan.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Aktor Joaquin Phoenix dalam film Joker. Phoenix dan seratusan pekerja kreatif Hollywood keturunan Yahudi teken surat dukungan untuk Jonathan Glazer.
Foto:

"Dalam pidatonya, Glazer mempertanyakan bagaimana kita bisa melawan dehumanisasi yang telah menyebabkan kekejaman massal sepanjang sejarah. Jika pernyataan seperti itu dianggap sebagai penghinaan, itu justru mempertegas urgensinya. Kita harus bisa menyebutkan nama apartheid dan pendudukan Israel, keduanya diakui oleh organisasi hak asasi manusia terkemuka, tanpa dituduh menulis ulang sejarah.

Seperti yang ditulis oleh Direktur Auschwitz Memorial, Dr. Piotr M. A. Cywiński, The Zone of Interest bukanlah film tentang Holocaust. Hal ini terutama merupakan peringatan mendalam tentang kemanusiaan dan sifat alamiahnya. Kita tidak boleh menyimpan peringatan ini hanya untuk satu kelompok saja. Untuk melestarikan kemanusiaan dan memastikan kelangsungan hidup bersama, kita harus memberikan peringatan ketika ada kelompok yang menghadapi kebrutalan dan tindakan penghapusan seperti itu.

Kami adalah orang-orang Yahudi yang bangga mengecam penggunaan identitas Yahudi dan ingatan akan Holocaust untuk membenarkan apa yang oleh banyak ahli hukum internasional, termasuk para pakar Holocaust terkemuka, telah diidentifikasi sebagai 'genosida yang sedang terjadi'.

Kami menolak pilihan yang salah antara keamanan Yahudi dan kebebasan Palestina. Kami mendukung semua pihak yang menyerukan gencatan senjata permanen, termasuk pemulangan semua sandera dengan selamat dan pengiriman bantuan segera ke Gaza, serta diakhirinya pengeboman dan pengepungan Israel terhadap Gaza. Kami menghormati kenangan Holocaust dengan mengatakan: Tidak akan pernah lagi bagi siapa pun."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement