Rabu 10 Apr 2024 21:01 WIB

Tak Mudik ke Kampung Halaman? Ini Ide Wisata Hits Jabodetabek yang Bisa Dikunjungi

Ada beragam pilihan destinasi wisata menarik di Jabodetabek yang bisa dikunjungi

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Pengunjung melihat koleksi ikan yang berada di akuarium di BXSea, Bintaro, Tangerang Selatan. Ada beberapa rekomendasi wisata di Jabodetabek yang cocok untuk Anda yang tidak mudik ke kampung halaman.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Pengunjung melihat koleksi ikan yang berada di akuarium di BXSea, Bintaro, Tangerang Selatan. Ada beberapa rekomendasi wisata di Jabodetabek yang cocok untuk Anda yang tidak mudik ke kampung halaman.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak semua orang melakukan mudik saat perayaan Idul Fitri atau Lebaran. Meski tak mudik ke kampung halaman,  momen Lebaran kerap dimanfaatkan untuk berkunjung ke tempat wisata bersama kerabat maupun keluarga.

Bagi warga Jabodetabek yang tidak mudik, tentunya juga tidak ingin melewatkan momen nenikmati libur Lebaran. Ada beragam pilihan destinasi wisata, yang dirangkum sebagai berikut:

Baca Juga

1. Bersantai di PIK Jakarta

photo
Suasana destinasi wisata kuliner tepi laut Aloha PIK di Pantai Pasir Putih Pantai Indah Kapuk (PIK) 2, Tangerang, Banten. - (Republika/Shelbi Asrianti)

 

Di Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta, wisatawan tidak akan kehabisan pilihan destinasi wisata. Pengunjung bisa berwisata ke Pantjoran PIK, Pantai Pasir Putih PIK, San Antonio Promenade, COVE At Batavia, Urban Farm, Taman Wisata Alam Mangrove, Jembatan PIK 2 hingga PIK Avenue Mall.

Ada pula Pantai Aloha PIK 2, namun ini berlokasi di Tangerang Banten. Destinasi ini baru dibuka pada April 2023 yang menawarkan pemandangan pasir putih maupun wisata kuliner.

2. Eksplor Sentul Bogor

photo
Sejumlah pengunjung menyaksikan pertunjukan badut di Jungleland, Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. - (ANTARA/Yulius Satria Wijaya)

 

Wilayah Bogor menawarkan destinasi yang seolah tidak ada habisnya bagi wisatawan. Bukan hanya kawasan Puncak maupun Kota Bogor yang populer, wilayah Sentul Bogor juga semakin banyak diminati.

Pelancong umumnya tertarik dengan wisata alam saat mengeksplorasi wilayah Sentul. Sebut saja eksplor Curug Mariuk, Curug Putri Kencana, Hordeng Waterfall, Off Road Cisadon, Leuwi Hejo, Gunung Kuta dan lainnya.

Untuk wisata ramah anak, bisa mencoba Kampoeng Koneng, Taman Budaya Sentul City, JungleLand, dan Sentulfresh Tourism. Di Sentul juga terdapat AEON Mall yang bisa menjadi tempat berbelanja lengkap bagi wisatawan. 

3. Wisata religi di Depok

photo
Sejumlah umat Islam mendengarkan ceramah usai shalat Idul Fitri di Masjid Kubah Emas Dian Al-Mahri, Limo, Depok, Jawa Barat. - (ANTARA/Asprilla Dwi Adha)

 

Siapa yang tidak kenal dengan Masjid Kubah Emas di Depok, Jawa Barat? Masjid bernama Dian Al-Mahr ini memiliki lima kubah dilapisi emas sehingga menjadi salah satu bangunan ikonik di sana.

Masjid ini merupakan komplek masjid terbesar di Depok. Tempat ibadah umat Islam ini memang dilapisi emas asli sebanyak 24 karat, menurut beberapa sumber. Seluruh kubah, baik yang utama dan yang kecil, semuanya dilapisi emas dengan tebal dua sampai tiga milimeter dan dilengkapi dengan mozaik kristal.

4. Jelajah bawah laut di BXSea Tangerang

photo
Pengunjung melihat koleksi ikan yang berada di akuarium di BXSea, Bintaro, Tangerang Selatan. - (Republika/Putra M. Akbar)

 

Destinasi wisata keluarga BXSea tengah menjadi hit di kawasan Bintaro Jaya, Tangerang Selatan. Destinasi ini baru menggelar Grand Opening yang pada 27 Maret 2024 bersamaan dengan Sunken Tunnel dan Bintaro Jaya Xchange Mall 2. BXSea menawarkan jelajah biota bawah laut, Underwater Dance dan Mermaid sebagai atraksi utama dikedua aquarium terbesarnya, Sea Theatre dan Raja Ampat.

Ada Boat Tour yang menjadi salah satu daya tarik baru BXSea yang tersedia di KIOSK Rainforest dengan harga terjangkau. Pengunjung bisa menikmati pengalaman berlayar dengan harga Weekday Rp 75 ribu (Senin-Kamis) dan Weekend Rp 100 ribu (Jumat-Ahad), dengan jadwal keberangkatan setiap 15 menit mulai pukul 11.00 hingga 17.00 WIB. Kapasitas maksimum per perjalanan adalah 10 orang.

5. Berekreasi di Rainbow Garden Bekasi

photo
Wisata Rainbow Garden Bekasi. - (Dok. Instagram/@rainbowgarden.harapanindah)

 

Objek wisata Rainbow Garden Bekasi Jawa Barat bisa menjadi pilihan rekreasi keluarga karena memiliki banyak wahana bermain untuk anak maupun area nyaman bagi orang tua. Selain spot foto, wahana di tempat wisata ini cukup lengkap, mulai dari permainan air, outdoor indoor dengan fasilitas AC.

Tempat wisata ini cukup terjangkau dengan harga tiket sekitar Rp 15 ribu. Rainbow Garden Bekasi berokasi di Jl Harapan Indah Boulevard, Pusaka Rakyat, Tarumajaya, Bekasi, Jawa Barat. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement