Selasa 02 Apr 2024 22:55 WIB

Kiat Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut Selama Berpuasa

Sikat gigi minimal dua menit dan tidak lupa membersihkan lidah.

Sikat gigi (ilustrasi). Ini Kiat menjaga kesehatan gigi selama berpuasa.
Foto: ANTARA/Ari Bowo Sucipto
Sikat gigi (ilustrasi). Ini Kiat menjaga kesehatan gigi selama berpuasa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dokter Gigi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kepulauan Seribu drg Melanie Veronica, MPH membagikan kiat menjaga kesehatan gigi dan mulut selama berpuasa. Masyarakat disarankan sikat gigi dua kali sehari dan menjaga asupan nutrisi untuk menjaga hidrasi tubuh.

“Selama bulan Ramadhan, tetap lakukan sikat gigi dua kali sehari, pagi setelah sahur dan malam sebelum tidur,” kata Melanie dalam gelaran wicara daring di Jakarta, Selasa (2/4/2024).

Baca Juga

Sesuai dengan anjuran dokter, lakukan penyikatan di gigi selama minimal dua menit dengan durasi 20 detik per bagian gigi (gigi belakang, gigi atas, sela gigi, dan lainnya) dalam gerakan memutar. Jangan lupa untuk membersihkan lidah dengan pembersih lidah atau sikat gigi agar area lidah juga bersih.

“Bisa juga pakai dental floss (benang gigi) untuk membersihkan sela-sela gigi dari sisa makanan yang tidak terjangkau sikat gigi,” katanya.

 

Selain menyikat gigi, Melanie juga menyarankan untuk berkumur dengan obat kumur yang tidak mengandung alkohol dan memastikan tidak ada cairan yang tertelan. Jika tidak memiliki obat kumur, melakukan kumur-kumur saat wudu juga dapat dilakukan agar mulut tidak terlalu kering meskipun sedang berpuasa.

Saat berpuasa, kondisi rongga mulut akan cenderung kering karena kurangnya aktivitas mengunyah makanan. Oleh sebab itu, Melanie mengatakan untuk menjaga hidrasi tubuh dengan mengonsumsi air putih, buah, dan sayuran yang cukup.

“Intake cairan yang masuk ke tubuh minimal dua liter per hari, bisa didapatkan saat berbuka puasa minum sebanyak dua gelas air putih, malam hari empat gelas, dan sahur dua gelas,” kata dokter lulusan Universitas Indonesia itu.

“Saat berbuka, perbanyak juga makan sayuran dan buah-buahan yang mengandung serat tinggi, misalnya apel, dan batasi mengonsumsi makanan dengan kadar gula tinggi, seperti makanan bersoda dan makanan manis,” katanya.

Makanan dengan kadar....

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement