Selasa 02 Apr 2024 03:14 WIB

8 Tempat Paling Jorok di Kantor, Banyak Kumannya

Pekerja kantoran sehari-hari terpapar kuman di gagang pintu hingga keyboard.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Reiny Dwinanda
Pekerja kantoran menekan tombol lift. Tombol lift termasuk salah satu permukaan paling kotor di kantor.
Foto: www.freepik.com
Pekerja kantoran menekan tombol lift. Tombol lift termasuk salah satu permukaan paling kotor di kantor.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para ahli mengungkapkan permukaan tempat kerja mana saja yang mungkin penuh dengan bakteri. Mereka juga memberikan solusi untuk mengatasinya.

Seorang dokter penyakit menular dan ahli epidemiologi rumah sakit di Tufts Medical Center di Amerika Serikat, Gabriela Andujar Vazquez mengatakan pekerja kantoran bersentuhan dengan kuman yang tidak ada habisnya sepanjang hari. Mereka terpapar kuman saat memegang gagang pintu, teko kopi, pendingin air, meja komunal, dan banyak lagi.  

Baca Juga

"Menghadapi mikroba ini dapat membuat Anda terpapar segala hal mulai dari RSV (Respiratory syncytial virus) hingga virus penyebab selesma, bakteri E.coli, salmonella, dan banyak lagi," kata Vazquez, dilansir Huffpost, Senin (1/4/2024).

Berikut ini merupakan permukaan tempat kerja yang mungkin saja penuh dengan bakteri.

 

1. Meja kantor

Menurut pembawa acara "Super Awesome Science Show" dan penulis The Germ Code, Jason Tetro, meja merupakan permukaan terbuka yang sering disentuh, biasanya dengan tekanan tertentu untuk menahan sebagian berat seseorang. Sekalipun meja tersebut biasa kita tempati, menurut Tetro, ada kemungkinan orang lain akan menyentuhnya suatu saat dan menyebarkan mikroba di sepanjang meja. Misalnya, petugas kebersihan, seseorang yang mengantarkan berkas atau atasan Anda.

"Cara terbaik untuk meminimalkan kuman adalah dengan menghindari kontak," kata Tetro.

Namun, hal itu jelas tidak realistis karena meja tersebut dipakai setiap hari. Oleh karena itu, Anda perlu sesekali membersihkan meja Anda dengan semprotan disinfektan.

2. Keyboard

Seorang dokter medis darurat yang berpengalaman selama 20 tahun, Ron Brown, mengatakan lebih dari 3.000 organisme dapat ditemukan per inci persegi pada keyboard.

"Sekarang semakin banyak dari kita yang melakukan pekerjaan di mana kita ditempatkan di depan layar komputer dan keyboard hingga delapan jam sehari, hampir 2.000 jam setiap tahun," kata mantan direktur medis EMS untuk Seminole County di  Florida, Amerika Serikat (AS), dan pendiri teknologi dekontaminasi AeroClave ini  

Dia juga menuturkan jika Anda memikirkan karyawan yang membawa bekal makan siang ke mejanya tanpa mencuci tangan, maka bakteri tersebut berpindah langsung ke mulut mereka. Jadi, lain kali Anda membersihkan meja, jangan lupa untuk juga membersihkan keyboard.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement