Kamis 28 Mar 2024 13:24 WIB

Sandra Dewi Jalani Operasi Ambeien, Adakah Kaitan Antara Stres dan Ambeien?

Suami Sandra Dewi, Harvey Moeis, ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Sandra Dewi. Sandra Dewi diketahui baru saja menjalani operasi ambeien stadium 4.
Foto: Republika/Desy Susilawati
Sandra Dewi. Sandra Dewi diketahui baru saja menjalani operasi ambeien stadium 4.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktris dan presenter Sandra Dewi belum lama ini mengabarkan bahwa dirinya menjalani operasi ambeien stadium empat. Meski operasinya berjalan lancar, Sandra Dewi menceritakan penderitaan saat tangannya sakit karena diinfus.

Dikutip dari laman My Health Partner, Kamis (28/3/2024), ambeien merupakan pembengkakan pembuluh darah di rektum dan anus. Akibat ambeien, tindakan sederhana seperti buang air besar menjadi hal yang menyakitkan.  

Baca Juga

Ambeien dapat digolongkan menjadi ambeien internal dan ambeien eksternal. Jenis pertama berasal dari rektum, sedangkan yang kedua berkembang di daerah anus. Bedanya, rektum adalah bagian tubuh yang menerima feses dari usus, sedangkan anus berfungsi mengeluarkan feses.

Gejala ambeien, yang juga disebut wasir atau hemorrhoid, sulit untuk diabaikan. Pasien bisa merasakan gejala seperti nyeri dubur, gatal, serta pendarahan. Mungkin juga terjadi prolaps, yaitu penggembungan atau keluarnya bagian tubuh dari dubur.

Bisakah stres memicu ambeien? Ternyata, stres tidak secara langsung menyebabkan ambeien. Namun, stres sangat mungkin mengganggu fungsi sistem pencernaan, khususnya usus. Stres juga bisa menyebabkan kondisi seperti sembelit atau diare. 

Saat stres, otak mengirimkan sinyal ke usus, yang kemudian bereaksi sesuai dengan itu. Pada beberapa orang, reaksi ini bisa bermanifestasi sebagai kram usus, sembelit, atau diare. Kondisi ini, jika parah, dapat menyebabkan atau memperburuk ambeien.

Itu membuat stres dan ambeien memiliki hubungan yang lebih erat dari yang dibayangkan masyarakat awam. Walau bukan penyebab langsung, stres dapat mengganggu sistem pencernaan secara signifikan, sehingga menyebabkan kondisi yang memicu ambeien.  

Cara pencegahannya adalah dengan mengelola stres secara efektif dan menerapkan gaya hidup sehat. Upaya meningkatkan pergerakan usus yang sehat bisa dengan cara meditasi, terapi tertawa, terkoneksi dengan orang tersayang, terapi musik, dan aktif berolahraga.

Bicara soal stres dan kaitannya dengan ambeien, sorotan baru-baru ini sangat mungkin menjadi pemicu stres seorang Sandra Dewi. Pasalnya, sang suami, Harvey Moeis, diumumkan sebagai tersangka dalam lanjutan penyidikan korupsi timah di lokasi izin usaha pertambangan (IUP) PT Timah Tbk.

Kejaksaan Agung menetapkan Harvey Moeis sebagai tersangka terkait perannya yang diduga menjadi perpanjangan tangan atas kepemilikan PT Rafined Bangka Tin (RBT). Perusahaan itu terkait dengan aktivitas penambangan timah ilegal di lokasi IUP PT Timah di Provinsi Bangka Belitung.

Selain PT RBT, Harvey diketahui mempunyai kepemilikan atas PT Tinindo Inter Nusa (TIN), CV Venus Inti Perkasa (VIP), PT Sariwiguna Bina Sentosa (SBS), dan PT Stanindo Inti Perkasa (SIP). Semuanya menjadi bagian dari objek penyidikan terkait korupsi yang merugikan perekonomian negara sebesar Rp 271 triliun sepanjang 2015-2022.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement