Kamis 28 Mar 2024 16:05 WIB

Dukung Musisi Indonesia, TikTok Luncurkan TikTok Rising Indonesia

TikTok Rising Indonesia Music Showcase tampilkan Maliq hingga Feel Koplo.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Konferensi pers TikTok Rising Indonesia di Creative Culture Ampera, Jakarta, Rabu (27/3/2024).
Foto: Republika/Shelbi Asrianti
Konferensi pers TikTok Rising Indonesia di Creative Culture Ampera, Jakarta, Rabu (27/3/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak sedikit musisi yang memulai rekaman dari kamar tidur menggunakan ponsel, lantas menemukan audiens yang luas setelah mengunggah karyanya di media sosial. Salah satunya, melalui platform hiburan digital TikTok yang terkenal dengan konten tayangan video singkat.

Memahami hal itu, TikTok terus mendukung para musisi, baik pendatang baru maupun musisi yang telah mapan, supaya karya mereka terus menjangkau banyak audiens. Dalam upaya tersebut, TikTok meluncurkan program baru bertajuk "TikTok Rising Indonesia".

Baca Juga

Product Strategy Lead TikTok Artist Services Southeast Asia, Christo Putra, menyampaikan program itu bertujuan untuk menemukan dan menyoroti bakat-bakat lokal. Musisi yang difasilitasi pun berasal dari berbagai genre, baik yang terikat label atau independen.

"Musisi dan kreator dapat memanfaatkan berbagai dukungan yang ditawarkan melalui program ini, seperti tagar #RisingOnTikTok dan fitur lain yang tersedia untuk memamerkan karya musik mereka serta berinteraksi dengan komunitas," kata Christo pada konferensi pers di Jakarta, Rabu (27/3/2024).

Tim TikTok secara konsisten memantau tagar #RisingOnTikTok untuk menemukan musisi yang trending di TikTok. Para musisi itu kemudian akan diundang untuk bergabung dalam program "TikTok Rising Indonesia", lantas dipandu untuk memanfaatkan alat dan fitur dalam aplikasi untuk memperkuat eksistensinya.

Serangkaian fitur TikTok yang ditujukan untuk membantu musisi termasuk tagar #BehindTheSong yang menjadi alat bagi penulis lagu dan produser musik ternama untuk berbagi proses kreatif mereka dalam menciptakan lagu. Ada juga fitur "Music Tab", yang bisa diaktifkan musisi untuk berbagi lagu.

Dengan fitur itu, para musisi pun dapat terhubung langsung dengan penggemar. Fitur lainnya yakni "Add-to-Music App", di mana penggemar musik dapat menyimpan lagu yang mereka temukan di platform TikTok ke layanan streaming musik favoritnya.

Sebagai bagian dari peluncuran "TikTok Rising Indonesia", TikTok menyelenggarakan pertunjukan musik "TikTok Rising Indonesia Music Showcase" yang menampilkan 10 musisi dengan performa terbaik di TikTok. Proses kurasi dilakukan selama tiga bulan.

Mereka adalah Maliq & D'Essentials, Ghea Indrawari, Jaz Hayat, The Lantis, Avolia, Aziz Hedra, Fabio Asher, Stevan Pasaribu, ENVY*, dan Feel Koplo. Para musisi itu tampil di Creative Culture Studio, Ampera, Cilandak, Jakarta, pada Rabu (27/3/2024) petang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement