Ahad 24 Mar 2024 09:00 WIB

Ciri-Ciri Kurma Berjamur, Kedaluwarsa, dan Ada Hamanya

Kurma sebaiknya disimpan dalam wadah kedap udara di lemari es atau freezer.

Kurma (ilustrasi). Kenali ciri-ciri kurma sudah tidak layak untku dikonsumsi.
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Kurma (ilustrasi). Kenali ciri-ciri kurma sudah tidak layak untku dikonsumsi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mengonsumsi kurma sudah tidak diragukan lagi manfaatnya untuk tubuh. Konsumsi kurma ketika berbuka puasa, misalnya, menawarkan solusi meningkatkan kadar cairan empedu, menjaga kesehatan lapisan lambung, dan mencegah keasaman serta gangguan pencernaan.

Namun, bagaimana jika kurma memiliki tampilan yang dianggap aneh? Misalnya, tampak bintik-bintik hitam atau cokelat pada kulitnya.

Baca Juga

Jika bagian dalam kurma berwarna hitam atau berbintik, berarti sudah berjamur. Hal ini kemungkinan besar karena kurma tidak disimpan dengan benar, baik saat transit maupun di rumah.

Jika terlihat bintik hitam di dalamnya, buang kurma atau kembalikan ke penjual jika itu baru dibeli. Sebab, itu pertanda jamur yang dapat menentukan kesegaran buah.

Bagaimana jika bagian luarnya pecah-pecah dan bersisik serta bagian dalamnya sangat kering (dengan serat berserabut)? Kemungkinan besar kurma sudah melewati tanggal kedaluwarsanya.

Anda baiknya setelah dibeli, segera konsumsi kurma. Alternatifnya, simpan dalam wadah kedap udara di lemari es atau freezer.

Berapa lama masa simpan kurma? Jika disimpan dengan benar, kurma memiliki umur simpan yang sangat lama.

Ada tiga ciri yang harus diwaspadai sebagai tanda kurma sudah tidak layak untuk dikonsumsi, seperti dikutip dari Thekitchn, Ahad (24/3/2024).

1. Kurma berubah warna atau berjamur

Anda melihat lapisan putih yang cenderung melapisi bagian luar kurma? Itu adalah gula yang mengkristal saat buah kehilangan kelembapannya. Kalau kurma telah berjamur atau berubah warna menjadi lebih gelap, baik di bagian luar maupun bagian dalam, sebaiknya buanglah kurma tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement