Kamis 21 Mar 2024 03:45 WIB

Biji Kurma Juga Bermanfaat Buat Kesehatan, Bisa Dijadikan Suplemen

Dijadikan bubuk, biji kurma dapat menjadi suplemen kesehatan.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Kurma (ilustrasi). Biji kurma berpotensi menjadi suplemen berbiaya rendah dengan beragam manfaat bagi kesehatan.
Foto: Pixy.org
Kurma (ilustrasi). Biji kurma berpotensi menjadi suplemen berbiaya rendah dengan beragam manfaat bagi kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagian biji biasanya dianggap sampah ketika orang mengonsumsi kurma. Padahal, ada banyak manfaat kesehatan yang terkandung dalam biji kurma.

Penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Tabriz University of Medical Sciences, Tabriz, Iran, yang dipimpin oleh Elham Moelemi, Parvin Dehghan, dan Mostafa Khani, menyoroti potensi manfaat biji kurma (Phoenix dactylifera) terhadap kesehatan dan kinerja orang yang aktif. Kurma telah lama dikenal sebagai makanan fungsional yang kaya akan polifenol, serat, dan nutrisi lainnya.

Baca Juga

Dalam protokol uji coba terkontrol yang direncanakan, para peneliti  mengevaluasi efek suplementasi bubuk biji kurma terhadap nutrisi, stres oksidatif, status anti/inflamasi, kesehatan mental, dan kinerja olahraga pada individu yang aktif secara fisik. Dikutip dari National Library of Medicine pada Rabu (20/3/2024), beberapa manfaat biji kurma yang terungkap dalam penelitian ini.

Bubuk biji kurma memiliki potensi untuk meningkatkan kinerja olahraga pada individu yang aktif, terutama yang melakukan latihan interval intensitas tinggi (HIIT). Hal ini didukung oleh kandungan polifenol yang tinggi dan serat makanan dalam biji kurma.

Biji kurma mengandung berbagai nutrisi dan unsur fungsional lainnya, seperti polifenol, asam fenolik, karotenoid, serat pangan, lemak, protein, mineral, dan lainnya, yang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan.

Studi pada manusia dan hewan sebelumnya telah melaporkan hasil positif terkait dengan efek biji kurma terhadap sistem pertahanan antioksidan, peradangan, hiperglikemia, hiperlipidemia, serta kesehatan mental. Hal ini menunjukkan potensi biji kurma sebagai suplemen berbiaya rendah dengan berbagai manfaat bagi kesehatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement