Senin 18 Mar 2024 08:57 WIB

Bayinya Masih ASI Eksklusif, Gimana Cara Ibu Menyusui Penuhi Kebutuhan Cairan Saat Puasa?

Ibu menyusui perlu minum dua hingga tiga liter per hari.

Ibu menyusui bayinya (Ilustrasi). Ibu menyusui perlu memastikan kecukupan asupan cairannya saat berpuasa.
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Ibu menyusui bayinya (Ilustrasi). Ibu menyusui perlu memastikan kecukupan asupan cairannya saat berpuasa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bidan dan praktisi prenatal yoga dari Poltekkes Kemenkes Jakarta, Jamilatus Sa'diyah, memberikan tips untuk ibu menyusui yang ikut berpuasa. Ia menganjurkan ibu menyusui mengupayakan agar tidak telat untuk sahur dan berbuka agar dapat mencukupi kebutuhan cairan dalam sehari.

"Upayakan untuk tidak telat sahur dan juga tidak telat untuk berbuka puasa untuk mencukupi cairan ibu menyusui ketika puasa minimal dua hingga tiga liter per hari," kata Jamila melalui pesan singkat yang diterima Antara, Senin (18/3/2024).

Baca Juga

Jamila menjelaskan mencukupi cairan pada ibu menyusui sangat penting untuk kelancaran ASI. Hal ini bisa dipastikan dengan minum dua gelas saat buka puasa, dua gelas sebelum tarawih, dua gelas setelah tarawih, dan dua gelas pada saat sahur.

Dengan strategi tersebut, minimal ibu menyusui bisa minum delapan gelas sehari atau setara dua hingga tiga liter untuk memenuhi kebutuhan cairannya. Secara studi, menurut Jamila, ibu menyusui eksklusif bisa berpuasa penuh.

Puasa tidak memengaruhi kualitas ASI jika kondisi ibu dan bayi sehat. Kondisi sehat yang dimaksud Jamila adalah ibu tidak dalam kondisi dehidrasi, dan berat badan bayi naik optimal.

Memperhatikan asupan kalori juga sangat penting. Itu karena ibu yang menyusui memerlukan tambahan sekitar 500 kalori.

"Memperhatikan pola makannya, harus ada protein, karbohidrat kompleks, lalu terutama dalam kebutuhan cairan yang sangat penting pada saat menyusui, sayuran, vitamin, dan mineral dari buah-buahan juga sangat penting," kata Jamila.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement