Senin 18 Mar 2024 07:07 WIB

Cara Mudah Tingkatkan Kadar Kolesterol Baik

Kolesterol baik (HDL) membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan strok.

Kolesterol tinggi (Ilustrasi). Berjalan kaki, bersepeda, atau berenang dapat membantu meningkatkan kadar HDL alias kolesterol baik.
Foto:

Langkah-langkah tersebut dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL dan membantu meningkatkan kesehatan jantung. Makanan yang mengandung asam lemak dan omega-3, seperti ikan berlemak, biji rami, biji chia, dan kenari, harus menjadi bagian dari menu makanan sehari-hari.

photo
Kolesterol. - (Republika)

Mukerjee juga mengatakan lemak tidak sehat dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL dalam tubuh. Keberadaannya berbahaya bagi kesehatan.

 

Penting untuk mengganti lemak tidak sehat dalam makanan dengan lemak sehat. Lemak sehat bisa ditemukan pada alpukat, kacang-kacangan, biji-bijian, dan ghee sapi.

 

Bagi yang memiliki kadar LDL tinggi, mengonsumsi karbohidrat olahan dalam roti putih dan pasta bisa jadi berbahaya. Sebab, makanan itu dapat menurunkan kadar kolesterol HDL dalam tubuh.

Ada diet lain yang bisa tingkatkan HDL? Mukerjee menyarankan sebaiknya menghindari konsumsi makanan dan minuman manis dan berbahan tepung guna meningkatkan kolesterol HDL.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement