Kamis 07 Mar 2024 10:01 WIB

Cara Mudah Membersihkan Wajan Stainless Steel dari Noda Membandel

Ada beberapa teknik yang dapat digunakan untuk menjaga wajan stainless tetap bagus.

Rep: Shelbi Asrianti / Red: Friska Yolandha
Wajan Stainless steel.
Foto:

Untuk noda yang lebih sulit, tambahkan sedikit soda kue ke tengah wajan, tutupi dengan seperempat cangkir air, lalu didihkan. Saat air mendidih dan menguap, matikan api, dan lapisan soda kue akan tertinggal di sisi wajan yang langsung bisa digosok.  

Sebaiknya, lakukan ini saat wajan masih panas, jadi perlu menggunakan sarung tangan oven atau memegang wajan dengan serbet. Staf penulis senior Wirecutter, Michael Sullivan, memiliki metode khusus untuk menghilangkan bekas hangus yang sudah bertahun-tahun menumpuk.  

Sullivan merendam wajan kotornya ke dalam panci besar berisi air mendidih dan soda kue untuk menghilangkan noda. Meskipun agak canggung untuk mengambil benda logam besar dari panci berisi air panas, hasilnya cukup memuaskan.

Dia menyarankan untuk memilih wadah dengan ukuran lebih besar dari wajan, kemudian isi wadah besar dengan air secukupnya untuk merendam keseluruhan atau sebagian besar wajan dan didihkan. Tambahkan sedikit soda kue ke air, lalu masukkan wajan.

"Kecilkan api hingga air mendidih perlahan, dan biarkan selama sekitar 15 hingga 30 menit, balik atau putar jika perlu, sehingga semua sisinya matang. Anda akan mulai melihat residu kecokelatan terkelupas," tutur Sullivan.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement