Kamis 07 Mar 2024 04:10 WIB

New Balance Diapresiasi, Mengapa Muslim tak Boleh Pakai Kulit Babi untuk Bahan Sepatu?

Label yang jelas mengenai penggunaan kulit babi pada sepatu bermanfaat bagi Muslim.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Deretan sepatu berbahan kulit babi yang dibungkus menggunakan plastik dipajang di salah satu toko di Jakarta, Rabu (6/3/2024).
Foto:

Di sisi lain, Muti mengapresiasi langkah gerai atau toko yang memberikan peringatan atau label pada produk sepatu berbahan kulit babi. Menurut Muti, langkah tersebut bisa membantu calon konsumen untuk mengetahui bahan yang digunakan pada sepatu.

"Terkait dengan adanya produk sepatu berbahan kulit babi yang dikemas secara khusus dan diberi tanda peringatan khusus pula. Langkah ini perlu kita apresiasi karena telah memberi peringatan dan informasi kepada calon konsumen tentang bahan yang digunakan untuk memproduksi sepatu tersebut," ungkap Muti.

photo
Sepatu berbahan kulit babi yang dibungkus menggunakan plastik dipajang di salah satu toko di Jakarta, Rabu (6/3/2024). - (Republika/Thoudy Badai)

Muti mengatakan, Pemerintah melalui UU JPH sudah mewajibkan barang gunaan untuk bersertifikat halal. Sedangkan produk atau barang gunaan yang menggunakan bahan dari kulit babi diwajibkan untuk memberikan informasi yang jelas bahwa produk yang dipasarkan tersebut terbuat dari kulit babi. Aturan ini diterapkan untuk menjamin bahwa produk barang gunaan yang beredar di masyarakat terjamin kehalalannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement