Selasa 05 Mar 2024 13:15 WIB

Jin BTS Isyaratkan Selesai Wamil 100 Hari Lagi

Jin BTS menulis D-100 di akun Weverse pribadinya sehingga membuat fans tak sabar.

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Jin BTS. Jin menuliskan D-100 di akun Weverse yang mengindikasikan bahwa dia akan selesai wamil 100 hari lagi.
Foto: BANGTANTV
Jin BTS. Jin menuliskan D-100 di akun Weverse yang mengindikasikan bahwa dia akan selesai wamil 100 hari lagi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Member tertua BTS, Kim Seok-jin alias Jin, hampir mendekati akhir wajib militer (wamil). Kembalinya Jin membawa antusiasme di kalangan penggemar, terutama setelah member lainnya juga mendaftar wajib militer.

Pada Senin (4/3/2024), Jin melalui akun Weverse menulis, “D-100”. Seperti dilansir My K-Pop Shows, Jin diperkirakan akan menyelesaikan wajib militernya pada 12 Juni 2024. Tulisan tersebut mengindikasikan Jin menghitung mundur waktu selesai wamil. 

Baca Juga

"Jin memulai dinas militernya selama 18 bulan di kamp pelatihan dekat perbatasan Korea Utara. Dia berlatih di sana selama lima pekan bersama tentara lain sebelum ditugaskan ke unit tentara," demikian laporan dikutip dari Indian Express, Selasa (5/2/2024). 

Ketujuh anggota grup BTS telah memulai wajib militer mereka. RM dan V mulai wamil pada Desember 2023, dengan Jimin dan Jungkook bergabung setelahnya. Sementara itu, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, RM, V, dan Jungkook diperkirakan akan bersatu kembali dan comeback pada 2025.

 

Dilansir Hindustan Times, Jin BTS memulai wajib militernya selama 18 bulan di kamp pelatihan garis depan Korea Selatan. Dia akan berusia 31 tahun ini. Jin memulai hitungan mundur beberapa bulan menjelang keluarnya dia dari militer Korea Selatan. Jin bergabung dengan militer pada Desember 2022. 

Dari tulisan "D-100", maka kemungkinan Jin akan selesai wamil sekitar 10-15 Juni 2024. Army (sebutan untuk penggemar BTS) mulai bereaksi terhadap kabar tersebut. Mereka mengungkapkan antusiasme mereka di X (sebelumnya Twitter).

"Tidak sabar menunggu dia kembali," tulis warganet.

"Bersabarlah sedikit lagi, Jinie. Tinggal 100 hari lagi, dan kamu akan kembali. Bulan kita akan segera pulang," tulis yang lain.

"Dia benar-benar tidak sabar. Kami menantikan kembalinya Kim Seokjin!!" tulis pengguna X.

"Mari kita mulai menghitung mundur kepulangannya!! Kim Seokjin, sang ayah, akan datang," kata fans lainnya.

Beberapa hari setelah Jin memulai wajib militernya, BangtanTV membagikan video, di saluran YouTube saat sang idola mencapai pusat pelatihan. Video Jin’s Entrance Ceremony itu menampilkan para anggota lain, termasuk RM, Suga, J-Hope, Jimin, V, dan Jungkook yang  mengucapkan perpisahan kepada Jin.

Semua anggota melakukan swafoto dan foto grup dengan Jin. Dalam pesan untuk Army BTS, Jin melihat ke kamera dan berkata, "Saya akan pergi dan kembali dengan selamat. Karena sehat adalah prioritas pertama saya tidak akan sakit, dan Army kami, berjuang dan jangan sakit salah satu". 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement