Jumat 01 Mar 2024 12:45 WIB

Ciri Orang Iri pada Anda, Perhatikan 5 Tanda Ini

Rasa iri sering kali menyerang hati dan pikiran secara diam-diam.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Seseorang iri terhadap Anda (ilustrasi). Ada beberapa ciri yang menandakan seseorang iri terhadap pendapaian Anda.
Foto: Republika/Mardiah
Seseorang iri terhadap Anda (ilustrasi). Ada beberapa ciri yang menandakan seseorang iri terhadap pendapaian Anda.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — "Kecemburuan" atau iri adalah emosi alami manusia yang bisa muncul pada siapa pun, terlepas dari latar belakang atau hubungan mereka dengan Anda. Namun, memahami tanda-tanda iri dapat membantu Anda mengelola interaksi dengan lebih baik.

“Rasa iri sering kali menyerang hati dan pikiran secara diam-diam sehingga memicu siklus destruktif, yang mengikis kepercayaan dan keintiman dalam hubungan,” kata seorang psikolog klinis berlisensi, Joel Frank, dilansir Best Life Online, Senin (19/2/2024).

Baca Juga

Terapis telah mengidentifikasi beberapa perilaku yang dapat menunjukkan bahwa seseorang mungkin merasa iri terhadap Anda:

1. Mereka terus-menerus menunjukkan kekurangan Anda

 

Jika seseorang terlalu kritis terhadap Anda dan terus-menerus menyoroti kesalahan atau kekurangan Anda, ini mungkin merupakan tanda iri. Perilaku ini sering kali berasal dari konflik batin mereka dan perasaan tidak mampu saat membandingkan diri mereka dengan Anda.

2. Menarik dukungan

Jika seseorang mulai menarik diri secara emosional dari hubungan dengan Anda, ini bisa menjadi tanda bahwa mereka iri. Mereka mungkin menunjukkan sikap tidak peduli atau menarik dukungan pada acara penting atau membahagiakan dalam hidup Anda.

3. Meremehkan kesuksesan Anda

Orang yang merasa percaya diri akan bisa merayakan kesuksesan Anda. Psikolog berlisensi dan pemilik Fox Chapel Psychological Services, Deborah Gilman mengatakan orang yang merasa iri mungkin meremehkan pencapaian Anda sebagai upaya untuk menjaga rasa superioritas mereka. Namun, jika seseorang terus-menerus meremehkan atau meremehkan pencapaian Anda, ini bisa menjadi tanda iri mereka.

4. Pujian yang tidak langsung

Pujian yang tidak langsung atau komentar yang bersifat meremehkan sering kali merupakan upaya untuk menyamarkan kecemburuan. Mereka mungkin mencoba menjatuhkan Anda secara halus dengan pujian yang tidak langsung.

5. Mereka selalu meningkatkan kualitas Anda

Seseorang yang selalu berusaha untuk mengungguli atau membuat Anda merasa tidak sebanding mungkin memiliki perasaan iri yang mendalam. Mereka mungkin merasa perlu untuk membuktikan diri mereka sendiri di hadapan Anda. Mereka mencoba untuk memuaskan ego sendiri dan menghindari perasaan rendah diri dengan mengagung-agungkan pencapaian mereka sendiri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement