Senin 26 Feb 2024 10:06 WIB

Jangan Langsung Resign, Lakukan Ini Ketika Bosan dengan Rutinitas di Tempat Kerja

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengusir rasa bosan di tempat kerja.

Burnout merupakan sindrom yang diakibatkan oleh stres kronis di tempat kerja yang belum berhasil dikelola (Ilustrasi Stres)
Foto: Pxfuel
Burnout merupakan sindrom yang diakibatkan oleh stres kronis di tempat kerja yang belum berhasil dikelola (Ilustrasi Stres)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Merasa bosan di tempat kerja adalah hal yang wajar. Namun, itu bisa diatasi dengan sejumlah cara.

"Mungkin di tempat kerja, bisa pasang musik, pasang beberapa benda yang membuat merasa nyaman, foto idola K-pop siapa tahu bisa memberi semangat," kata dr Zulvia Syarif SpKJ dalam seminar daring dikutip Senin (26/2/2024).

Baca Juga

Menurut dr Zulvia, seorang pegawai bisa merasa bosan di tempat kerja, salah satunya karena menjalani rutinitas yang sama setiap saat, ditambah pekerjaan yang monoton. Lalu, ketika dia menyadari dirinya bosan maka alih-alih pindah tempat kerja, dr Zulvia menyarankan sang pegawai untuk mencoba membuat variasi mulai dari yang sederhana.

"Sadari aku bosan, bisa enggak ya mengatasi rasa bosan ini mungkin dengan membuat satu variasi. Jangan langsung pindah kerja," ujar dr Zulvia.

 

Bagaimana jika cara ini sudah dilakukan, namun rasa bosan tak kunjung hilang? Dokter Zulvia menyebut, bisa jadi seseorang perlu rehat atau cuti bekerja.

"Mungkin Anda perlu istirahat, jangan-jangan butuh cuti. Break aja dulu," kata dokter kesehatan jiwa dari RSUD Tarakan Jakarta ini.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement