Senin 26 Feb 2024 07:32 WIB

Tekan Risiko Alzheimer, Cobain Trik Ini untuk Tingkatkan Kualitas Tidur

Gangguan pola tidur dapat menjadi tanda awal penyakit Alzheimer.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Susah tidur (Ilustrasi). Menanamkan kebiasaan sehat untuk meningkatkan kualitas tidur secara keseluruhan sangat penting, tak terkecuali untuk cegah Alzheimer.
Foto:

Banyak perawat yang mengurus pasien demensia menyadari kekuatan musik dalam memberikan kenyamanan, kebahagiaan, dan memulihkan ingatan, bahkan ketika komunikasi verbal menjadi sulit.

photo
Kenali gejala Alzheimer. - (Republika)

Begitu pun terkait pola makan, terutama yang kaya akan melatonin dan triptofan seperti pada buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, ikan, dan minyak zaitun, dapat meningkatkan durasi dan kualitas tidur. Praktik nutrisi ini kini diakui sebagai bagian integral dari kesehatan kognitif dan mungkin berperan dalam menurunkan risiko demensia.

Singkat kata, menjadikan kecukupan tidur nyenyak sebagai prioritas adalah bagian dari langkah mendasar menuju kesehatan otak yang lebih baik dan pencegahan demensia. Rangkaian temuan ilmiah terkait oleh Monash University pun menggarisbawahi pentingnya memahami dan menjaga pola tidur dalam upaya mencapai kesejahteraan hidup secara menyeluruh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement