Rabu 21 Feb 2024 11:28 WIB

Le Sserafim Dituduh Jiplak Lagu Musisi Pemenang Grammy Awards Asal Afrika

Lagu 'Smart' milik Le Sserafim ditudih menjiplak lagu 'Water' pemenang Grammy Awards.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Grup K-pop Le Sserafim. Le Sserafim berjudul Smart dituding plagiat dari lagu pemenang Grammy Awards berjudul Water.
Foto: EPA-EFE/JEON HEON-
Grup K-pop Le Sserafim. Le Sserafim berjudul Smart dituding plagiat dari lagu pemenang Grammy Awards berjudul Water.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lagu "Smart" yang dirilis oleh Le Sserafim dalam album keempat mereka, Easy, menuai kontroversi di media sosial. Menurut sebagian warganet, lagu tersebut memuat unsur plagiarisme karena memiliki kemiripan dengan lagu pemenang Grammy Awards, "Water".

Sejak dirilis pada 19 November lalu, lagu "Smart" dari Le Sserafim menuai banyak pujian dari penggemar. Namun, tak sedikit pula warganet yang merasa bahwa "Smart" tersebut memiliki kemiripan dengan lagu "Water".

Baca Juga

"Water" merupakan lagu yang dipopulerkan oleh penyanyi asal Afrika Selatan, Tyla. Lagu tersebut berhasil mencetak beberapa pencapaian bergengsi, termasuk memenangkan Grammy Awards untuk kategori Best African Music Performance.

"Apakah lagu ini mirip dengan "Water" dari Tyla atau aku gila?," kata seorang warganet di X, seperti dilansir Koreaboo pada Rabu (21/2/2024).

 

Menyadari hal ini, sejumlag warganet lalu menuding Hybe, selaku perusahaan yang menaungi Le Sserafim, telah melakuman plagiarisme. Mereka menilai bahwa Hybe menggunakan musik dari sejumlah musisi barat san Afrika Selatan tanpa memberikan credit.

"Jadi Hybe mengambil suara-suara dari musisi barat dan Afrika Selatan lagi tanpa izin atau credit, khususnya dari musisi seperti Tinashe, Pinkpantheress, dan Tyla?," lanjut warganet lain.

Warganet yang berbeda menyatakan bahwa dia bisa melihat dan merasakan adanya elemen amapiano, gaya, serta koreografi dari lagu "Water" di dalam lagu "Smart" yang dipopulerkan Le Sserafim. Dia juga menilai chord dalam lagu "Smart" mirip dengan "People" yang dipopulerkan oleh Libianca.

"Melihat semua orang melakukan gaslight terhadap Tyla dan orang-orang yang menyadari kemiripan tersebut itu gila," ujar warganet tersebut.

Namun, tak sedikit pula penggemar yang memberikan pembelaan untuk Le Sserafim. Menurut seorang penggemar, "Smart" memang mendapatkan pengaruh musik Afrobeat. Akan tetapi, hal tersebut tidak serta-merta dapat membuktikan bahwa "Smart" meniru "Water".

"Saya baru mendengarkan lagu itu lagu dan lagu itu sama sekali tidak terdengar seperti (lagu Water) Tyla," komentar seorang penggemar.

Di tengah perdebatan hangat ini, Tyla tiba-tiba membuat sebuah unggahan di X berupa gambar GIF. Gambar tersebut memperlihatkan sosok perempuan yang tampak bingung. Akan tetapi, Tyla tidak menyertai keterangan apa pun pada unggahan tersebut.

Hal ini membuat sebagian warganet berspekulasi bahwa unggahan tersebut merupakan respons yang diberikan oleh Tyla terhadap dugaan plagiarisme yang melibatkan lagunya. Tak sedikit pula penggemar Le Sserafim yang menyatakan bahwa idola mereka tidak melakukan plagiarisme terhadap lagu "Water" milik Tyla di kolom komentar.

Tyla tampaknya membaca semua komentar yang diberikan oleh warganet dalam unggahan terbarunya. Dia lalu mengekspresikan kebingungan karena ponselnya tiba-tiba dipenuhi oleh banyak notifikasi.

"Tak ada vibe yang aneh, selalu mempunyai cinta untuk semua perempuan," tulis Tyla pada unggahan terbarunya di X 

Banyak warganet yang menilai unggahan baru tersebut ditujukan oleh Tyla untuk Le Sserafim. Namun, tak sedikit pula penggemar Tyla yang mengungkapkan kemarahannya karena Tyla dihujani banyak komentar tak perlu akibat isu plagiarisme.

Selain dugaan plagiarisme, lagu "Smart" juga menuai sejumlah kritik dari penggemar. Kritik ini muncul setelah Le Sserafim menampilkan koreografi untuk lagu tersebut. Menurut sebagian penggemar, ada beberapa bagian koreografi dalam lagu "Smart" yang dinilai tidak pantas untuk ditarikan oleh anggota Le Sserafim, Eunchae, yang masih berusia di bawah umur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement