Rabu 21 Feb 2024 10:17 WIB

Film Terbaik Shah Rukh Khan dengan Rating Tertinggi, Ada yang Capai 100 Persen

Shah Rukh Khan telah berkarier selama lebih dari 3 dekade di industri perfilman.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Shah Rukh Khan. Ada beberapa film terbaik Shah Rukh Khan yang memiliki rating tertinggi.
Foto:

3. Kuch Kuch Hota Hai (1998)

Kolaborasi klasik Shah Rukh Khan, Kajol, dan Karan Johar ini diganjar dengan rating 80 persen dari kritikus dan 92 persen dari penonton. Kuch Kuch Hota Hai merupakan film komedi romantis yang mengikuti kehidupan Rahul (Khan), Anjali (Kajol), dan Tina (Rani Mukerji) selama dua dekade, penuh dengan persahabatan dan cinta.

Dengan perpaduan humor, drama, dan musik ikonik, film ini merupakan film klasik modern yang terus memikat hati penontonnya. Penggambaran Khan tentang Rahul yang menawan sangat disukai penonton, memperkuat statusnya sebagai pahlawan romantis Bollywood.

Mulai dari dialog-dialog ikonik hingga fashion penentu tren, Kuch Kuch Hota Hai memicu fenomena budaya, menginspirasi banyak peniruan, dan mengokohkan statusnya di sinema India. Film ini mencapai kesuksesan baik di India maupun internasional, muncul sebagai film India terlaris tahun itu dan film India terlaris ketiga pada saat itu. Film ini menyapu penghargaan Filmfare dengan memenangkan seluruh sembilan kategori yang dinominasikan, termasuk keempat nominasi akting, termasuk Salman Khan untuk Aktor Pendukung Terbaik.

4. Chak De! India (2007)

Film ini memiliki rating 94 persen dari kritikus dan 92 persen dari penonton. Film Chak De! India berkisah tentang mantan pemain hoki yang dipermalukan, Kabir Khan, melatih tim hoki lapangan nasional wanita India yang bertujuan untuk mengatasi perselisihan internal dan prasangka masyarakat untuk mencapai kemenangan. Film ini merayakan kemenangan kerja tim, tekad, dan pemberdayaan perempuan dalam menghadapi kesulitan. Dengan Shah Rukh Khan sebagai pemeran utamanya, film ini menyuguhkan drama olahraga klasik seru yang dijamin akan membuat penonton bersorak.

Film ini menawarkan sesuatu yang baru bagi Khan yakni tidak ada musik ikonik dan tidak ada pasangan romantis di layar. Ia menjadi yakin untuk memainkan peran ini karena ia pernah bermain hoki saat kuliah. Hasilnya adalah ini menjadi salah satu peran terbaiknya hingga saat ini.

Film ini dipuja oleh para kritikus karena akurasi olahraganya dan tema feminisnya. Bahkan beberapa pengkritiknya masih menyamakan film tersebut dengan drama olahraga Hollywood yang juga menginspirasi.

5. Jawan (2023)

Jawan mempunyai rating 89 persen dari kritikus dan 86 persen dari penonton. Di film ini, Shah Rukh Khan muncul sebagai Azad, seorang pria yang memiliki misi untuk memperbaiki kesalahan yang dilakukan pemerintah terhadap warganya. Dibantu oleh sekelompok wanita terampil, Azad dikejar oleh petugas kontraterorisme Narmada Rai (Nayantara) dan harus menghadapi bos kriminal Kalee (Vijay Sethupathi), yang memiliki hubungan dengan masa lalu Azad.

Disutradarai oleh Atlee yang sebelumnya menyutradarai film-film Tamil, film ini juga dibintangi oleh Deepika Padukone dalam penampilan spesial. Jawan adalah film kedua dari tiga film yang menampilkan Khan sebagai pemeran utama pada 2023.

Jawan menjadi film dengan pendapatan kotor tertinggi dalam kariernya, memecahkan rekor yang dibuat oleh Pathaan beberapa bulan sebelumnya. Khan melakukan tugas ganda dalam film ini dengan memainkan dua peran, termasuk berbagi layar dengan dirinya sendiri dalam rangkaian aksi yang mengesankan.

Dengan film ini, ia memanfaatkan kehadirannya di layar, menjadikan karakter misterius itu menarik dan disukai. Film ini diterima dengan baik oleh para kritikus dengan skor 89 persen di Rotten Tomatoes. Banyak yang mengutip pesan sosialnya yang relate serta musik dan aksi yang menarik.

Selain kelima film tersebut, ada juga beberapa filmnya yang masuk portofolio terbaik Shah Rukh Khan yakni Veer Zaara (2004), Kabhi Khushi Kabhie Gham (2001), Jab Tak Hai Jaan (2012), My Name is Khan (2010), dan Pathaan (2023).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement