Jumat 16 Feb 2024 19:56 WIB

Cara Pesan Tiket Kereta Online, Cocok Buat yang Mau Beli Tiket Lebaran

Pembelian tiket kereta untuk Lebaran sudah dibuka sejak Kamis (15/2/2024).

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Qommarria Rostanti
Penumpang tiba di Stasiun Kereta Api Pasar Senen, Jakarta. Ada beberapa cara untuk memesan tiket kereta api secara online untuk Lebaran.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Penumpang tiba di Stasiun Kereta Api Pasar Senen, Jakarta. Ada beberapa cara untuk memesan tiket kereta api secara online untuk Lebaran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penjualan tiket kereta api untuk angkutan Lebaran 2024 sudah dibuka sejak Kamis (15/2/2024). Bagi masyarakat yang ingin membeli tiket kereta api bisa melalui internet reservasi, KAI Access, dan contact center

Dikutip dari laman resmi KAI, Jumat (16/2/2024), pertama, pemesanan melalui internet bisa dilakukan calon penumpang dengan membuka situs resmi PT KAI (Persero) dengan alamat kai.id untuk waktu keberangkatan H-30 hari sampai dengan tiga jam sebelum keberangkatan kereta api. Calon penumpang cukup memilih stasiun keberangkatan, stasiun tujuan, tanggal keberangkatan, dan jumlah penumpang melalui web tersebut.

Baca Juga

Setelah mengisi data diri sesuai identitas, calon penumpang akan mendapatkan kode pembayaran yang dapat dibayarkan melalui saluran (channel) pembayaran seperti pembayaran melalui ATM Bank (waktu pelayanan 24 jam), pembayaran melalui minimarket dan payment point (waktu pelayanan s.d. pukul 22.00 WIB dan beberapa gerai melayani 24 jam), payment point, dan pembayaran lainnya. Calon penumpang akan mendapatkan notifikasi melalui email setelah melakukan pembayaran. Kemudian tukarkan dengan tiket KA atau boarding pass di stasiun daring terdekat. 

Kedua, calon penumpang bisa memesan tiket melalui KAI Access. Mereka dapat melakukan pemesanan tiket kereta api mulai H-90 sampai dengan satu jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api dengan batas waktu pembayaran yang telah ditentukan. 

 

Calon penumpang juga bisa melakukan pre order menu makanan di Restorasi Kereta Api. Selain itu, KAI Access juga dilengkapi dengan fitur pengingat perjalanan, check in via e-Boarding Pass, dan asisten virtual perjalanan Si Loko. Unduh e-Boarding pass mulai dari dua jam sebelum keberangkatan kereta via KAI Access, sedangkan Si Loko hadir untuk menemani calon penumpang. 

Ketiga, pemesanan tiket melalui contact center. Calon penumpang memesan melakukan panggilan melalui nomor 121 (PSTN) atau 021-121 (GSM) dan melakukan pemesanan tiket sesuai kereta api yang dikehendaki untuk waktu keberangkatan H-90 hari sampai 24 jam sebelum keberangkatan kereta api. 

Pemesan akan mendapatkan kode booking atau kode bayar setelah melakukan pemesanan. Selanjutnya calon penumpang bisa membayar melalui berbagai saluran pembayaran seperti pembayaran melalui ATM Bank (waktu pelayanan 24 jam), pembayaran melalui minimarket atau payment point (waktu pelayanan sampai pukul 22.00 WIB dan beberapa gerai melayani 24 jam), payment point, dan pembayaran lainnya. 

Pembayaran dilakukan maksimal satu jam setelah mendapatkan kode booking/kode bayar. Jika calon penumpang tidak melakukan pembayaran dalam periode waktu satu jam, maka pemesanan dianggap batal. Bukti pembayaran ditukarkan dengan tiket kereta api di stasiun daring terdekat. 

Di sisi lain, calon penumpang bisa menggunakan tips sukses berburu tiket kereta mudik dari Pegipegi. Kiat-kiat tersebut adalah tentukan tanggal keberangkatan dan kepulangan, atur alarm pengingat, pesan melalui daring, gunakan metode pembayaran cepat, pastikan internet stabil, periksa lagi ketersedian tiket, buat rencana cadangan, dan cek ketersediaan kereta tambahan. 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement