Jumat 16 Feb 2024 06:16 WIB

Penggemar Enhypen Protes Harga Tiket Tur AS Kemahalan, Army Khawatir Konser BTS 2025

Harga tiket reguler konser Enhypen dibanderol Rp 2,1 juta, belum termasuk pajak.

Rep: Umi Nur Fadhilah  / Red: Friska Yolandha
Grup K-pop Enhypen memenangkan kategori Best Album dengan Dark Blood di acara 38th Golden Disc Awards (GDA) di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara, Sabtu (6/1/2024).
Foto: Dok JTBC
Grup K-pop Enhypen memenangkan kategori Best Album dengan Dark Blood di acara 38th Golden Disc Awards (GDA) di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara, Sabtu (6/1/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Grup K-pop Enhypen baru-baru ini mengumumkan tur dunia mereka yang dinamakan "Fate Plus" di AS, tetapi penggemar terkejut dengan harga tiket yang terbilang tinggi. Prapenjualan tiket eksklusif untuk anggota Engene (sebutan fandom) telah dimulai pada 14 Februari, dengan penjualan umum dimulai pada 15 Februari 2024.

Meskipun antusiasme penggemar untuk tur ini tinggi, banyak yang terkejut dengan harga tiket yang terhitung mahal. Penggemar yang mengikuti pra-penjualan melaporkan bahwa harga tiket mulai dari 140 dolar AS (sekitar Rp 2,1 juta) untuk tiket reguler, sementara tiket VIP mencapai 700 dolar AS (sekitar Rp 10,9 juta) tanpa pajak.

Baca Juga

"Aku bosan sekali dengan harga konser K/pop yang tidak masuk akal ini, kenapa harga tertinggi untuk Enhypen adalah 700 dolar AD tanpa pajak? Perusahaan K-pop mulai membuatku jengkel," tulis akun @F4IRYS***, dilansir Koreaboo, Jumat (16/2/2024).

Kemarahan penggemar terutama ditujukan pada kenyataan bahwa harga tiket VIP tersebut tidak sebanding dengan manfaat yang diterima. Meskipun mahal, tiket VIP hanya menawarkan beberapa keuntungan seperti kesempatan untuk berbelanja merchandise tanpa antrean, kesempatan untuk menghadiri soundcheck, dan merchandise eksklusif, tanpa menyertakan pengantar.

 

Penggemar juga menyoroti praktik penetapan harga dinamis yang digunakan oleh HYBE, perusahaan induk Enhypen, yang memungkinkan peningkatan harga tiket tergantung pada permintaan. Hal ini menimbulkan kekhawatiran bahwa konser-konser masa depan, termasuk tur BTS, juga akan mengalami lonjakan harga tiket yang signifikan.

"Tiket VIP Enhypen seharga 712 dolar AS (sekitar Rp 11,1 juta) sekarang bayangkan harga tiket tur reuni BTS," tulis akun @134340outs***.

"Tiket VIP Agust D (Suga) sekitar 580 dolar AS (sekitar Rp 9 juta) setelah total, sekarang kenapa Enhypen 722 dolar AS (sekitar Rp 11,3 juta)," tulis akun @bambamstr***.

Meskipun demikian, beberapa penggemar telah menjual kembali tiket mereka sebagai bentuk protes terhadap harga yang dianggap terlalu tinggi. Beberapa bahkan mempertimbangkan untuk melakukan boikot terhadap praktik penetapan harga dinamis yang mereka anggap tidak adil.

Dengan harga tiket yang mencapai rekor baru, penggemar kini bertanya-tanya berapa biaya tur BTS selanjutnya dan bagaimana harga tiket akan berkembang di masa depan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement