Kamis 15 Feb 2024 04:01 WIB

Jangan Sampai Stres Mikirin Hasil Pemilu, Ini Dampaknya Bagi Penderita Komorbid

Hindari stres, terima hasil Pemilu dengan lapang dada.

Penghitungan surat suara Pemilu 2024 di WTC Kuala Lumpur, Malaysia, Rabu (14/2/2024). Terima dengan lapang dada meskipun hasil Pemilu tidak sesuai keinginan.
Foto:

Anda merasa mulai mengalami tanda-tanda stres? Dokter Ashwin menganjurkan untuk tidak terlalu banyak bermain media sosial.

Sebaliknya, cobalah menekuni hobi yang disukai atau jalan-jalan. Dengan begitu, Anda dapat mengistirahatkan pikiran sejenak.

Bagaimana kalau yang terkena gejala gangguan jiwa adalah orang terdekat? Dokter Ashwin meminta setiap pihak untuk tidak langsung memberikan tuduhan agar tidak muncul perilaku self-defense (pertahanan diri) dari penderita.

Menurut dr Ashwin, akan lebih efektif bila keluarga membantu penderita stres memahami penyebab terjadinya gejala dan memberikan saran. Misalnya dengan mengatur waktu kunjungan kepada ahli yang berkompeten untuk mendapatkan tatalaksana sesegera mungkin bila diperlukan.

"Bukan mendesak dia mengakui gangguan jiwa, itu tidak perlu. Tapi, membuat dia menyadari bahwa dia menderita dan dia perlu pertolongan. Kalau dia menyadari bahwa 'iya saya tidak bisa tidur', nah itu harus ada yang bisa menolong," kata Ashwin yang merupakan lulusan Universitas Indonesia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement