Jumat 09 Feb 2024 22:14 WIB

Setelah Liburan Panjang Malah Stres? Atasi dengan Cara Ini

Setelah libur, terkadang orang justru stres dan tak siap menghadapi pekerjaan.

Rep: Antara/ Red: Qommarria Rostanti
Stres (ilustrasi). Salah satu cara mencegah stres seusai liburan ialah dengan mengelola ekspektasi karena terkadang liburan berjalan tidak sesuai harapan.
Foto: Mgrol101
Stres (ilustrasi). Salah satu cara mencegah stres seusai liburan ialah dengan mengelola ekspektasi karena terkadang liburan berjalan tidak sesuai harapan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah melakoni liburan panjang, apa yang Anda rasakan? Apakah merasa bersemangat atau justru malah tidak siap atau stres menghadapi rutinitas harian?

Psikolog klinis dewasa dari Ikatan Psikolog Klinis wilayah Banten Mega Tala Harimukthi mengatakan, salah satu cara mencegah stres seusai liburan ialah dengan mengelola ekspektasi karena terkadang liburan berjalan tidak sesuai harapan. "Begitu pun setelah balik, kadang-kadang kita berharap habis liburan itu sudah punya semangat. Tetapi setelah liburan malah capek, enggak siap menghadapi pekerjaan. Jadi perlu tetap mengelola ekspektasi walaupun sedang berlibur," kata dia saat dihubungi di Jakarta, Jumat (9/2/2024). st

Baca Juga

Mega berpendapat stres seusai liburan kebanyakan dialami kaum muda khususnya Generasi Z dan Milenial, dengan angka kasus yang dia temui sekitar 4-5 orang. Menurut dia, selain karena tak mengelola ekspektasi, mereka juga bisa mengalami stres karena konflik selama liburan, khususnya bagi yang bepergian bersama teman-teman. Konflik ini bisa menyebabkan seseorang tak bisa menikmati liburan.

"Jadi setelah liburan, yang ada mereka bukan refresh (segar) tetapi stres, merasa tidak sepenuhnya mendapatkan yang diharapkan. Jadi, baliknya ke ekspektasi," kata Mega.

Di sisi lain, stres juga bisa muncul karena memaksakan berlibur dan tak merencanakan dengan baik termasuk menyesuaikan dengan kemampuan. Oleh karena itu, Mega mengingatkan masyarakat untuk mempersiapkan liburan secara baik mulai dari anggaran, rekan yang diajak berlibur dan lagi-lagi tentang mengelola ekspektasi.

Selain itu, dia menyarankan orang-orang menjadikan liburan cara untuk lari dari masalah yang dihadapi sehari-hari dan saat kondisi sedang stres. "Misal masalah di pekerjaan, kemudian larinya liburan. Begitu selesai liburan, balik lagi ke settingan masalah awal, ya enggak selesai-selesai," tutur dia yang menyarankan orang-orang berlibur demi menyeimbangkan kondisi fisik, mental, pikiran serta menyelaraskan kehidupan sehari-hari itu.

Mega menyebut, sebagian orang memanfaatkan libur panjang termasuk pekan ini yakni dalam rangka Isra Miraj Nabi Muhammad SAW, tahun baru Imlek, untuk berlibur baik itu bersama keluarga ataupun teman-teman. Bagi mereka yang warga sekitar Jakarta ataupun warga Jakarta yang ingin berlibur di Jakarta, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggandeng berbagai pihak mengadakan beragam acara di Jakarta sejak Kamis (8/2/2024) hingga 11 Februari, antara lain Underwater Dragon Show & Mermaid di Seaworld Ancol, atraksi Barongsai di Mall of Indonesia. Kemudian, ada juga acara Imlekan di Taman Atraksi Barongsai yang berlokasi di Taman Literasi Martha C Tiahahu, Jakarta Selatan serta Festival Pecinan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement