Jumat 09 Feb 2024 16:41 WIB

Lima Karakter Menarik di Buku yang Terasa Mengecewakan Saat Diadaptasi dalam Film

Perubahan karakter di film salah satunya karena padatnya cerita yang disajikan.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Friska Yolandha
Kristen Stewart sebagai Bella Swan di film Twilight.
Foto:

Ini dia kelima karakter tersebut, seperti dilansir ScreenRant pada Jumat (9/2/2024).

1. Ginny Weasley dari Serial Film Harry Potter

Novel-novel Harry Potter berhasil menunjukkan kompleksitas Ginny Weasley sebagai seorang karakter. Kompleksitas ini membuat Ginny Weasley menjadi salah satu karakter yang sangat menarik di dalam novel. Film-film Harry Potter juga kurang berhasil menunjukkan kepribadian Ginny Weasley yang bebas dan mandiri.

2. Bella Swan dari Twilight Saga

Karakter Bella Swan di dalam novel terasa sangat dekat dengan pembaca berkat monolog internalnya. Akan tetapi, Bella Swan versi film kurang terasa dekat bagi penonton karena tampak tidak realistis. Selain itu, intensitas hubungan yang terbangun antara Bella Swan dan Edward Cullen di dalam film juga tidak seintens versi novel.

3. Percy Jackson dari Serial Film Percy Jackson

Ada banyak sekali perbedaan antara Percy Jackson versi novel dan film. Dari segi usia, Percy Jackson digambarkan sebagai remaja di dalam film. Padahal di dalam novel, Percy Jackson masih berusia sekitar 12 tahun. Tak hanya itu, film Percy Jackson juga menambahkan unsur romansa yang tidak perlu.

photo
Salah satu adegan film Percy Jackson. - (Flickr)
 

Motivasi yang dimiliki oleh Percy Jackson di dalam film juga berbeda dengan novel. Film Percy Jackson juga menghadirkan momen terkuaknya identitas Percy Jackson sebagai demigod dengan cara yang jauh berbeda dari novel.

4. Faramir dari Serial Film The Lord of the Rings

Serial film The Lord of the Rings merupakan karya adaptasi terbaik dari novel-novel Tolkien. Akan tetapi, serial film ini memiliki sedikit kekurangan dalam mengembangkan karakter Faramir.

photo
Faramir dalam film The Lord of the Rings. Karakter ini diperankan oleh Aktor Australia David Wenham - (Istimewa)
 

Di dalam film, Faramir sempat tergoda untuk menggunakan One Ring demi melawan Sauron. Padahal di dalam novel, Faramir sama sekali tidak pernah tergoda dengan One Ring, berbeda dengan saudaranya Boromir. Perubahan ini membuat kisah yang kompleks antara Faramir dan Boromir dengan Denethor tak tercerminkan dengan baik.

5. Jack Reacher dari serial film Jack Reacher

Dalam novel, karakter Jack Reacher digambarkan memiliki tubuh yang sangat tinggi, mencapai 196 cm. Akan tetapi di dalam film, karakter ini diperankan oleh Tom Cruise yang memiliki tinggi sekitar 172 cm. Oleh karena itu, pemilihan Cruise sebagai Jack Reacher dirasa kurang mewakili.

Terlepas dari itu, karakter Jack Reacher di dalam film juga tampak berbeda dengan versi novelnya. Dalam novel, Jack Reacher dikenal sebagai sosok yang jago berkelahi sedangkan dalam versi novel karakter ini lebih menonjolkan kemampuan taktisnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement