Senin 05 Feb 2024 16:34 WIB

Film Horor Terbaik yang Diadaptasi dari Urban Legend

Beberapa film horor yang diadaptasi dari urband legend menjadi favorit penonton.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Salah satu adegan di film Candyman. Ada beberapa film horor yang diangkat dari urband legend, salah satunya Candyman.
Foto: Universal Pictures
Salah satu adegan di film Candyman. Ada beberapa film horor yang diangkat dari urband legend, salah satunya Candyman.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Deretan film horor menakutkan telah menarik perhatian penonton. Kisah-kisah film horor yang diadaptasi dari urban legend menjadi sebagian yang menjadi favorit penonton.

Beberapa di antaranya telah menjadi film horor menakutkan yang dikenal luas. Dilansir laman Screenrant pada Senin (5/2/2024), berikut ini adalah lima film horor paling menakutkan yang meramu kengerian dari legenda urban:

Baca Juga

1. The Wicker Man (1973)

photo
Film The Wicker Man. - (British Lion Films)

 

The Wicker Man terinspirasi legenda urban tentang ritual komunitas pagan. Film The Wicker Man mengisahkan seorang petugas polisi yang terlibat teror mengerikan setelah mengunjungi pulau terpencil di Skotlandia. Dia menemukan penduduk pulau itu beralih ke paganisme Celtic, memicu teror yang menakutkan. Inspirasi diambil dari ukiran tahun 1676 berjudul “The Wicker Image” oleh seniman Aylett Sammes.

2. Black Christmas (1974)

photo
Salah satu adegan di film Black Christmas. - (Dok. Dimension Films)

 

Black Christmas mengambil inspirasi dari legenda urban tentang babysitter dan pria di lantai atas, serta serangkaian pembunuhan nyata di Montreal. Sebuah kisah horor Natal yang menyeramkan, film ini memanfaatkan legenda urban tentang pembunuhan dan menghadirkan ketegangan yang mendalam. Film ini membantu mendefinisikan genre slasher dan memengaruhi film-film horor seperti Halloween.

3. Candyman (1992)

photo
Film Candyman. - (Propaganda Films.)

 

Film Candyman didasarkan pada legenda urban tentang jiwa pembunuh dengan kait di tangan yang muncul setelah menyebut namanya tiga kali di cermin. Candyman menghadirkan suasana mencekam dalam adaptasi filmnya pada 1992.

BACA JUGA: Film Horor dengan Jumpscare Terbaik dan Fenomenal Sepanjang Masa

4. The Mothman Prophecies (2002)

photo
Salah satu adegan di film The Mothman Prophecies. - (Dok. Screen Gems)

 

The Mothman Prophecies menggambarkan legenda urban dari West Virginia pada 1960-an, dengan elemen-elemen supernatural yang menakutkan. Meskipun sebagian besar terinspirasi oleh legenda, film ini membaurkan ketegangan dan atmosfer yang intens.

5. Slender Man (2018)

photo
Film Slender Man. - (Distributor Sony Pictures Releasing)

 

Film Slender Man didasarkan pada legenda urban dan meme internet tentang Slender Man. Mengambil kehidupannya dari meme creepypasta online, Slender Man menjadi film horor modern yang mengeksplorasi misteri dan ketakutan supernatural.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement