Senin 05 Feb 2024 16:10 WIB

Musisi K-Pop tak Satu Pun Masuk Nominasi Grammy Awards, Fans Kecewa

Pada tahun ini tidak ada artis K-pop yang masuk dalam nominasi Grammy.

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Grup K-pop BTS. Tidak adanya musisi K-pop yang masuk Grammy Awards membuat fans kecewa. (ilustrasi)
Foto: Dok BigHit Music
Grup K-pop BTS. Tidak adanya musisi K-pop yang masuk Grammy Awards membuat fans kecewa. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perhelatan bergengsi Grammy Awards ke-66 diadakan di Crypto.com Arena di Los Angeles (LA), AS, pada 4 Februari. Pada tahun ini tidak ada artis K-pop yang masuk dalam nominasi ajang penghargaan tersebut.

Artis yang banyak masuk nominasi Grammy Awards tahun ini adalah penyanyi Amerika SZA. Dia telah dinominasikan dalam sembilan kategori, termasuk Album of the Year dan Record of the Year. Nominasi terkenal lainnya termasuk Victoria Monet, Jon Batiste, boygenius, Billie Eilish, Olivia Rodrigo, dan Taylor Swift, yang siap menarik perhatian penonton musik global.

Baca Juga

Absennya artis K-pop, termasuk BTS, dari daftar nominasi Grammy Awards 2024 dianggap mengecewakan. BTS, khususnya, telah dinominasikan untuk kategori Penampilan Duo/Grup Pop Terbaik selama tiga tahun berturut-turut, dimulai sejak tiga tahun lalu, meski belum mendapatkan kemenangan. 

Fakta bahwa grup bersama dengan artis K-pop lainnya gagal masuk dalam daftar nominasi tahun ini telah meningkatkan rasa kekecewaan di kalangan fanbase internasional. Hal ini terutama karena BTS telah memenangkan trofi di dua upacara penghargaan musik besar Amerika lainnya seperti Billboard Music Awards dan American Music Awards. Untuk itu, tidak adanya nama BTS atau setidaknya salah satu member dalam nominasi Grammy dinilai sangat mengecewakan.

"Mereka tidak akan benar-benar memberikan K-pop penghargaan musik paling bergengsi. K-pop hanya hal baru bagi mereka, untuk menggunakan basis penggemar kpop untuk klik dan penayangan. Jangan berharap terlalu banyak," komentar warganet, seperti dilansir laman Allkpop, Senin (5/2/2024).

Ada pula yang berkomentar bahwa Army sebutan untuk penggemar BTS tentu menganggap penghargaan global untuk idola mereka adalah penting. Akan tetapi "konfirmasi" atau "validasi" yang lebih penting adalah ketika penggemar melihat atau mendengar seseorang mengatakan bagaimana BTS telah memengaruhi kehidupan mereka dan membantu mereka membuat keputusan besar dalam hidup untuk masa depan yang lebih baik. 

"Itu validasi bagi saya, dan banyak dari kita merasakan hal yang sama. Penghargaan, baik Korea, Jepang, Amerika, atau lainnya, adalah hal yang luar biasa (sebagai penggemar) dan yang terpenting adalah baik bagi mereka karena karya mereka diakui, namun penghargaan tersebut tidak seharusnya menjadi fokus bagi kami para penggemar. Fokusnya harus pada dampak BTS terhadap kehidupan masyarakat dan karya mereka," tulis penggemar.

Penggemar tersebut memiliki filosofi ini terhadap beberapa artis lain bahkan yang belum menerima satu pun nominasi Grammy, dan itu tidak masalah. Beberapa dari penggemar, menurut dia, harus memperlambat obsesi untuk melihat BTS memenangkan Grammy. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement