Sabtu 03 Feb 2024 14:30 WIB

Dituding Jiplak Pidato RM 'BTS', Peserta Kontes Kecantikan Filipina Disentil Army

RM BTS terkenal dengan pidato fenomenalnya di PBB mewakili UNICEF.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Leader BTS, RM. Penggemar menuding seorang peserta kontes kecantikan Filipina jiplak pidato RM BTS mewakili UNICEF di Majelis PBB pada 2018.
Foto: AP Photo/Lee Jin-man
Leader BTS, RM. Penggemar menuding seorang peserta kontes kecantikan Filipina jiplak pidato RM BTS mewakili UNICEF di Majelis PBB pada 2018.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Peserta kontes kecantikan sering kali mendapatkan banyak sorotan karena jawaban-jawaban mereka yang menggugah hati para penonton dan juri. Namun, tak jarang pula peserta kontes kecantikan menjadi viral karena memberikan jawaban yang tak terduga.

Dalam gelaran Miss South Carolina Teen USA 2007, misalnya, peserta bernama Caitlin Upton menjadi viral karena memberikan jawaban yang tidak masuk akal. Saat itu, Upton ditanya mengenai alasan alasan seperlima warga Amerika Serikat tidak mengetahui lokasi negara mereka di dalam peta dunia.

Baca Juga

Upton lalu menjawab bahwa hal tersebut terjadi karena sebagian orang di Amerika Serikat tidak memiliki peta. Setelah itu, Upton mengutarakan kalimat-kalimat yang tidak jelas dan mengindikasikan bahwa Amerika Serikat perlu menolong Afrika Selatan, Irak, serta negara-negara Asia.

"Dengan begitu, kita bisa membangun masa depan kita," kata Upton kala itu, seperti dilansir Koreaboo pada Sabtu (3/2/24).

 

Belum lama ini, seorang peserta kontes kecantikan kembali menjadi sorotan karena jawaban yang dia berikan saat berkompetisi. Peserta kontes kecantikan itu menuai banyak kritik karena jawaban yang dia berikan merupakan hasil plagiat dari pidato RM 'BTS'.  

Peserta bernama Lala Cheena Mae Bautista menuai kritik saat berkompetisi dalam kontes kecantikan Rodeo King & Queen di San Pablo, Filipina. Dalam kontes ini, Bautista mendapat pertanyaan "Bila kamu adalah jin dalam botol ajaib, siapa yang ingin kamu layani sebagai majikanmu?".

Bautista lalu menjawab bahwa sosok yang dia pilih untuk menjadi majikannya adalah ibunya sendiri. Akan tetapi, setelah itu Bautista memberikan alasan yang sangat familiar di kalangan para Army, basis penggemar BTS.

"Bila saya menjadi jin di dalam botol, saya akan melayani ibu saya sebagai majikan saya. Karena yang bisa saya sampaikan mengenai pertanyaan ini adalah, siapa pun kamu, dari mana pun kamu berasal, apa pun warna kulit kamu, gender kamu, bersuaralah untuk dirimu sendiri. Temukan suaramu, temukan namamu dengan berbicara untuk dirimu sendiri, terima kasih," ungkap Bautista kala itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement