Sabtu 03 Feb 2024 04:02 WIB

Siapa Saja Penyanyi Indonesia yang Lagunya tak Bisa Dipakai Lagi di TikTok?

Universal Music Group tidak memperpanjang kontrak kerja sama dengan TikTok.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Logo TikTok. Universal Music Group belum menyetujui persyaratan perjanjian baru dengan TikTok.
Foto:

Kegagalan mencapai kesepakatan dalam perundingan menyebabkan lagu-lagu dari artis-artis ternama, seperti Taylor Swift, The Weeknd, Drake, BTS, Ariana Grande, Nicki Minaj, hingga Lady Gaga dihapuskan dari TikTok. Bahkan, grup K-pop yang berada di bawah naungan UMG, seperti BTS, Blackpink, Twice, dan lainnya, juga terkena dampaknya.

Banyak pengguna TikTok melaporkan bahwa video-video yang menggunakan lagu-lagu dari artis UMG menjadi tidak bisa diputar, sedangkan sejumlah musik sudah mulai dihapus. Beberapa lagu dari BTS masih tersedia karena supergrup K-pop itu secara resmi bernaung di bawah Bighit Music, sementara kerja sama dengan UMG hanya sebagian untuk pasar internasional.

Pertanyaan pun muncul tentang dampak keputusan ini terhadap artis yang berada di bawah naungan Universal Music Indonesia, seperti Raisa, Lyodra, Salma Salsabil, dan lainnya. Akun TikTok Lyodra, misalnya, tidak lagi menyediakan lagu-lagu dari Universal Music Indonesia.

Selain lagu-lagu dari Raisa dan Salma, tembang yang dinyanyikan Nabila Taqiyyah, Tiara Andini, dan Ziva Magnolya juga tidak dapat dijadikan latar belakang untuk video . Terdapat keterangan, "Suara dihapus karena batasan hak cipta" atau "Lagu tidak tersedia karena masalah hak cipta di negaramu" ketika pengguna TikTok mencoba mengaksesnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement