Jumat 02 Feb 2024 05:39 WIB

Yugyeom GOT7 Dituduh Jiplak Konsep Album J-Hope BTS

Album Trust Me Yugyeom BTS dituduh jiplak album Jack in the Box J-Hope BTS.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Yugyeom GOT7. Album baru Yugyeom berjudul Trust Me dituduh menjiplak album J-Hope BTS Jack in the Box.
Foto: Dok. instagram/@yugyeom
Yugyeom GOT7. Album baru Yugyeom berjudul Trust Me dituduh menjiplak album J-Hope BTS Jack in the Box.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyanyi Yugyeom GOT7 tengah menjadi sorotan. Hal ini ketika muncul tuduhan plagiasi terkait kemiripan gambar konsep album terbarunya, Trust Me dengan album Jack In The Box milik J-Hope BTS.

Pascameninggalkan JYP Entertainment, setiap anggota GOT7 fokus pada karier solo mereka. Yugyeom adalah salah satu yang pertama mengumumkan langkahnya dengan bergabung bersama label AOMG.

Baca Juga

Meskipun dia merilis mini album pertamanya, Point of View: U pada 2021, penggemar harus menunggu hampir tiga tahun untuk karya berikutnya. Yugyeom memberikan kabar gembira dengan pengumuman album penuh pertamanya, Trust Me beserta gambar konsep pada 15 Januari lalu.

Namun, beberapa hari kemudian, kontroversi pecah ketika sang idol mengungkapkan daftar lagu dan gambar sampul versi kedua, yang menampilkan Yugyeom dalam balon hijau dengan pakaian coklat dan topi. Gambar kedua tersebut menjadi sasaran tuduhan plagiasi, setelah dibandingkan dengan album Jack In The Box milik J-Hope BTS, yang dirilis sebelum wajib militer.

"Ini seharusnya hanya lelucon, ya Tuhan, industri K-pop ini penuh dengan peniru," tulis akun @SICKTEA***.

"Jack In The Box kembali!????" tulis akun @rkivemoonchi***.

Konsep "keluar" dari sesuatu dengan topi serupa di latar belakang monokrom menjadi sorotan karena dianggap mirip. Meski demikian, penggemar dengan cepat membela Yugyeom dengan menekankan perbedaan konsep.

Mereka menyebut bahwa beberapa seniman lain telah menggunakan topi serupa sebelum rilis J-Hope. Dukungan pun menyebar di media sosial, yang mendorong komentar positif untuk membalas tuduhan yang dialamatkan pada idola tersebut.

"Hei di mana kesamaannya??? Tapi apa yang bisa kita harapkan dari fandom yang bahkan tidak bisa membedakan favoritnya dengan idola lain dhdbbsbsjfjd," tulis akun @tuany***.

"Mirip di mana?!!??!???? Secara harfiah tidak ada, bahkan konsep Yugyeom pun tidak melakukan hal itu, sedangkan (konsep) Hobi-nya (milik J-Hope) serba gelap, kalian semua menggunakan narkoba atau semacamnya," tulis akun @defxjo***.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement