Rabu 31 Jan 2024 22:05 WIB

Perhatikan Empat Hal Ini Ketika Anak Sakit

Untuk mengobati anak yang sakit bisa dilakukan berbagai cara.

Anak demam.
Foto: Republika
Anak demam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dokter spesialis anak dari Universitas Indonesia Dimple Nagrani mengatakan ada empat hal yang harus diperhatikan ketika anak sakit. Hal itu adalah makan, minum, tidur, dan aktivitas yang jika salah satunya terganggu harus segera dibawa ke rumah sakit.

 

Baca Juga

“Kalau terganggu salah satunya, makan kurang, minum nggak mau, nggak bisa tidur karena nggak bisa nafas, dia lemas terus, kita nggak bisa (mengobati) hanya pijat di rumah atau obat-obatan herbal,” ucap Dimple saat konferensi pers di Jakarta, Rabu (31/1/2024).

 

Dimple mengatakan penting bagi orang tua untuk tidak panik saat anak sakit dan menganggap sakit adalah satu hal yang normal. Pada saat sakit, anak "berkenalan" dengan kuman yang didapat karena daya tahan tubuh yang mulai menurun. Hal itu bisa disebabkan karena anak yang sudah lepas dari ASI dan gaya hidup dari makanan yang dikonsumsi anak serta alergi.

 

Biasanya, kata Dimple, anak akan sering sakit pada usia 1 hingga 4 tahun. Yang perlu dipastikan adalah saat sakit jangan sampai anak sesak napas atau mengalami dehidrasi.

 

“Jadi pahami sakit itu normal, yang dipastikan saat anak sakit jangan sampai sesak atau dehidrasi, kalau anak diare jangan sampai dehidrasi karena kalau dehidrasi bisa penurunan kesadaran,” jelasnya.

 

Untuk mengobati anak yang sakit bisa dilakukan berbagai cara. Cara yang paling sederhana adalah melakukan skin-to-skin atau bersentuhan dengan anak. Dimple mengatakan anak yang sakit saat bersentuhan dengan ibu atau ayah, akan mengeluarkan hormon oksitosin atau hormon cinta yang bisa menenangkan dan lebih cepat penyembuhannya.

 

Selain itu, bisa juga dilakukan gerakan memijat dan memberikan obat-obatan herbal yang aman untuk dikonsumsi anak seperti jahe, kunyit, bawang, kamomil, eucalyptus, dan lavender serta obat-obatan yang bisa dioles ke kulit.

 

“Kalau cari produk jangan meninggalkan kebudayaan membaca aman untuk anak usia berapa, kecuali dari dosis dokter karena dosis penting miligram per kilogram berat badan, pastikan dosis dan cara pemberian benar. Tes alergi juga untuk obat yang dioles ke kulit,” katanya.

 

Dimple juga mengingatkan untuk memberikan ASI jika masih dibutuhkan, menjaga kualitas makanan dan air putih untuk anak dan tidak memberikan makanan mengandung gula jika anak batuk. Ini agar lendir tidak mengendap yang menyebabkan sesak napas.

sumber : Antara

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement