Jumat 26 Jan 2024 21:02 WIB

Indonesia Lolos 16 Besar Piala Asia, Figur Publik Larut dalam Euforia Perayaan

Indonesia lolos ke 16 Besar Piala Asia.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Suporter Indonesia memberi dukungan kepada Timnas Indonesia yang bertanding melawan Timnas Jepang pada pertandingan penentu grup D Piala Asia 2023 di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar, Rabu (24/1/2024).
Foto: ANTARA FOTO/Yusran Uccang
Suporter Indonesia memberi dukungan kepada Timnas Indonesia yang bertanding melawan Timnas Jepang pada pertandingan penentu grup D Piala Asia 2023 di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar, Rabu (24/1/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Figur publik turut larut dalam euforia lolosnya timnas Indonesia ke babak 16 besar Piala Asia 2023. Wajar saja, ini pertama kalinya tim Merah Putih tembus ke babak gugur dalam lima edisi keikutsertaan.

Meski dalam laga terakhirnya Indonesia kalah 3-1 dari Jepang, sebuah kondisi memastikan Indonesia masuk ke 16 besar berkat Kirgistan. Negara Asia Tengah tersebut berhasil menahan imbang Oman dengan skor 1-1 pada laga terakhir Grup F di Stadion Abdullan Bin Khalifa, Kamis (25/1/2024) malam. Itu membuat secara umum posisi Oman berada di bawah Indonesia, dan Indonesia berhak lolos ke 16 besar.

Baca Juga

Akun media sosial pasangan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina turut merayakan kelolosan itu dengan mengunggah ulang postingan Instagram Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. Dalam unggahannya, Erick bersyukur atas kemenangan Timnas Indonesia.

Menurut Erick, itu adalah hasil perjuangan luar biasa dari pemain, pelatih, dan tim official sehingga bisa membawa Indonesia ke babak 16 besar. Pencapaian itu pun disebutnya berkat doa seluruh masyarakat Indonesia yang tak pernah berhenti untuk timnas.

"Alhamdulillah, sejarah baru untuk sepak bola Indonesia. Satu tempat di 16 besar Piala Asia 2023 bisa diamankan Timnas Indonesia. Perjuangan belum selesai, kita berikan yang terbaik untuk membawa #GarudaMendunia!" ujar Erick lewat akun Instagram @erickthohir.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Erick Thohir (@erickthohir)

Selain diunggah ulang oleh akun Instagram @raffinagita1717, postingan itu juga segera dikomentari banyak orang. Terpantau komedian dan politisi Eko Patrio yang berkomentar "membanggakan", juga presenter Augie Fantinus serta aktor sekaligus sutradara Lukman Sardi yang berkomentar dengan emoji api berkobar tanda semangat.

Youtuber dan pengusaha Atta Halilintar membuat postingan di feed Instagram @attahalilintar bergambar ikon bendera Indonesia dan emoji terharu. "Saya fans Kyrgiztan sejak SD," tulisnya pada keterangan foto. Seolah belum cukup, via Instagram Story, Atta menuliskan hal serupa. "Kyrgiztan, we love you," kata Atta.

Pasangan selebritas penggemar olahraga, Darius Sinathrya dan Donna Agnesia, turut terhanyut dalam euforia prestasi timnas. Di feed Instagram @darius_sinathrya, Darius menuliskan, "LOLOS 16 BESAR!!". Sementara, Donna membuat unggahan lewat fitur Story. "Sejarah baru. Selamat untuk @timnas.indonesia, keep fighting," kata Donna.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement