Jumat 26 Jan 2024 17:10 WIB

Have You Ever Seen The Rain Karya Creedence Clearwater Revival Kembali Ke Chart Billboard

Lagu ini menduduki peringkat ke-24 di antara lagu rock yang paling banyak diputar.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Friska Yolandha
Grup Creedence Clearwater Revival
Foto: North Country Public Radio
Grup Creedence Clearwater Revival

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masa kejayaan Creedence Clearwater Revival sebagai sebuah grup musik memang sudah lama berlalu. Namun, puluhan tahun setelah bubarnya band rock yang dibentuk di California, Amerika Serikat, itu, masih banyak yang menikmati karya musik mereka.

Buktinya, karya hit Creedence Clearwater Revival kembali menghiasi tangga lagu Billboard AS. Pada chart "Rock Streaming Songs" pekan ini, single "Have You Ever Seen The Rain" menduduki peringkat ke-24 di antara lagu-lagu rock yang paling banyak diputar di AS.

Baca Juga

Dikutip dari laman Forbes Jumat (26/1/2024), lagu itu merupakan satu-satunya judul dalam daftar yang tidak ada di tangga lagu pada periode sebelumnya. "Rock Streaming Songs" memberikan peringkat lagu-lagu rock yang paling banyak diputar.

Pemeringkatan itu berdasarkan data penjualan yang dikumpulkan oleh Nielsen SoundScan. Dengan kembali masuknya tembang itu ke tangga lagu, artinya "Have You Ever Seen The Rain" total 104 pekan tercatat ada di chart "Rock Streaming Songs".

Lagu Creedence Clearwater Revival lainnya yang ada dalam daftar tangga lagu Billboard adalah "Bad Moon Rising". Kedua judul lagu itu merupakan bagian dari album Chronicle: The 20 Greatest Hits yang juga terus melaju di beberapa tangga lagu Billboard.

Di tangga lagu Billboard 200, album Chronicle: The 20 Greatest Hits kembali masuk ke kuartal tertinggi penghitungan, naik ke posisi 48. Menurut Luminate, kompilasi tersebut menggeser 14.682 unit setara lainnya dalam kerangka pelacakan sebelumnya.

Chronicle: The 20 Greatest Hits juga dapat ditemukan di beberapa tangga lagu Billboard lainnya pekan ini, yakni peringkat 41 di chart "Top Album Sales", yang hanya melihat pembelian murni. Kompilasi tersebut terjual lagi sebanyak 1.848 eksemplar pada periode pelacakan terakhir. Album ini juga tidak berpindah posisi di peringkat 11 tangga lagu "Top Rock & Alternative Albums" dan stabil di posisi ke-8 pada tangga lagu "Top Rock Albums".

Creedence Clearwater Revival aktif bermusik pada 1967 hingga 1972. Para personelnya, yakni John Fogerty (vokal, gitar), Tom Fogerty (gitar ritme), Stu Cook (bass), dan Doug Clifford (drum) sebelumnya juga telah bermusik bersama sejak 1959 sebagai Blue Velvets dan Golliwogs, sebelum mantap berkarya dengan nama Creedence Clearwater Revival.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement