Jumat 01 Mar 2024 17:07 WIB

Jung Kook Dinobatkan Sebagai Musisi K-Pop Terbesar Di Amerika

Album Jungkook Golden bertahan cukup lama di Billboard 200.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Friska Yolandha
Jungkook BTS merilis album solo perdanya berjudul Golden pada Jumat (3/11/2023).
Foto: Dok. BigHit/Hybe
Jungkook BTS merilis album solo perdanya berjudul Golden pada Jumat (3/11/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- K-pop telah menjadi lebih besar dari sebelumnya di Amerika. Tampaknya, sejarah selalu dicetak setiap pekan oleh setidaknya satu superstar dari Korea Selatan, karena minat terhadap solois dan grup dari negara Asia itu tidak pernah berkurang.

Untuk memanfaatkan tren ini dan untuk merayakan peluncuran kembali Billboard edisi Korea, majalah musik ini telah menyusun peringkat 100 musisi K-pop paling sukses di Amerika Serikat.

Baca Juga

Peringkat yang disusun oleh Jeff Benjamin (kontributor Forbes), memperhitungkan kinerja artis K-Pop di dua tangga lagu perusahaan yang paling penting di AS, Hot 100 (untuk lagu) dan Billboard 200 (untuk album). Data tur juga disertakan untuk menunjukkan popularitas dan kesuksesan secara menyeluruh.

Meskipun memilih seseorang untuk menduduki posisi No. 1 pasti sulit selama bertahun-tahun, hal itu tidak terjadi pada tahun 2023. Daftar perdana Billboard K-Pop Artist 100 menempatkan Jung Kook di posisi pertama. Itu menjadi pilihan yang mudah, karena dia adalah musisi Korea Selatan paling sukses di Amerika Serikat pada tahun lalu.

 

Antara Januari dan Desember 2023 (jangka waktu yang dipertimbangkan untuk daftar) tidak ada artis Korea Selatan yang tampil lebih baik di tangga lagu Billboard Amerika selain Jung Kook. Bintang dari boy group BTS ini memulai debut album solo pertamanya, Golden, di peringkat kedua di Billboard 200.

Dia adalah salah satu dari beberapa anggota boy group yang terhenti di peringkat kedua, dan dia sekarang berada di peringkat teratas yang pernah dibuat oleh solois bangsa Asia.

Golden mungkin tidak mencapai No. 1, tetapi album ini telah bertahan di Billboard 200 lebih lama dibandingkan rilisan lainnya oleh solois Korea Selatan. Album itu sekarang telah menghabiskan 16 frame di suatu tempat dalam penghitungan tersebut, dan semakin meningkat. Pekan ini, peringkatnya melonjak dari No. 137 ke No. 75 karena orang Amerika terus membeli dan mengalirkan set itu.

Jung Kook juga mengalami tahun 2023 yang besar di Hot 100. Dia mengumpulkan solo pertamanya di No. 1 dengan “Seven” yang menampilkan rapper Latto. Lagu itu memulai debutnya di tempat pertama, langsung menjadi juara.

Pada saat itu, ia menonjol sebagai solois kedua dari Korea Selatan yang menguasai Hot 100, mengikuti rekan satu grupnya di BTS, Jimin, hanya dalam beberapa pekan.

Setelah “Seven”, Jung Kook mencetak dua lagi top 10 hits. Baik “3D” bersama Jack Harlow maupun “Standing Next to You” memuncak di No. 5. Kemenangan tersebut menjadikannya bintang solo K-pop dengan penempatan terbanyak di tingkat tertinggi dalam penghitungan kompetitif.

Dia juga kembali ke peringkat itu bersama The Kid Laroi dan Central Cee pada single “Too Much” yang nyaris tidak masuk 40 besar sebelum tahun berakhir.

Perlu diketahui, meskipun ia dikenal terutama karena musik K-pop-nya, sebagian besar lagu yang dirilis Jung Kook pada tahun 2023 belum tentu memiliki label tersebut. Dia tampil dalam bahasa Inggris untuk album debutnya, dan itulah yang membantu lagu-lagunya sukses di Amerika Serikat.

Walaupun ia tidak pernah tampil dalam bahasa Korea, ia tetaplah seorang musisi Korea Selatan, dan ia dikenal atas kontribusinya terhadap gaya tersebut, sehingga ia terlihat cocok untuk peringkat ini.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement