Kamis 25 Jan 2024 16:29 WIB

Digadang Lebih Bagus daripada Kawat Gigi, Apa Keunggulan Aligner?

Aligner unggul karena memiliki fitur-fitur yang tidak ada di kawat gigi konvensional.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Aligners berfungsi untuk menjaga kerapihan dan keindahan gigi.
Foto:

5. Prediksi terukur

Dokter gigi dan pasien bisa memprediksi perkembangan gigi dalam jangka waktu tertentu. Bahkan, dokter bisa memperlihatkan simulasi tampilan gigi pasien sebelum produk dibuat. Misalnya, pasien mendapat 40 set plastik, sehingga kemugkinan bisa melihat progres tertentu dalam dalam 40 pekan.

6. Kesehatan gigi

Penggunaan teknologi sebelumnya sering kali menimbulkan efek samping tertentu, entah itu sariawan atau masalah lain. Penggunaan aligner bisa meminimalkan risiko masalah kesehatan tersebut. Kendati begitu, ada juga pasien yang merasa malas makan ketika menggunakan aligner karena harus melepas alatnya.

Memasang aligner

Jika tertarik menggunakan aligner, pasien bisa dengan berkonsultasi ke dokter gigi. Nantinya, dokter akan menilai apakah pasien cocok atau tidak memanfaatkan teknologi Invisalign tersebut.

Jika cocok, dokter gigi akan melakukan pemindaian untuk mendapatkan modelnya. Semua data pemindaian dikirim ke perangkat lunak (software) untuk menentukan desain naik turun, posisi gugi. dan sebagainya.

Dokter dan pasien akan dapat melihat simulasinya saat disikusi bersama. Misalnya, andaikan pasien tak ingin ada gigi yang dicabut, maka kelak tampilan akhir susunan giginya akan seperti apa.

"Jumlah plastiknya kira-kira berapa dan hasilnya, pasien bisa turut terlibat, melihat sepeti apa yang pasien mau. Pasien nggak mau dicabut, kalau dicabut gigi hasilnya begini," kata drg Irwin.

Alatnya dibuat dikirim dari Amerika Serikat. Alatnya akan tiba dalam 1-2 bulan.

"Pasien satu bulan kontrol dulu, kalau disiplin kontrol, bisa jarang kontrol ke depannya," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement