Selasa 23 Jan 2024 19:23 WIB

Semua Personel Sudah Solo Karier, BTS akan Seperti Apa Setelah Semua Selesai Wamil?

Para member BTS beri bocoran tentang masa depan grup setelah 2025.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
BTS. Seluruh member BTS berpose ketika mengantar RM dan V menuju kamp militer. Seluruh member BTS resmi memulai wamil, Selasa (12/12/2023).
Foto: Dok. X/BTS_twt
BTS. Seluruh member BTS berpose ketika mengantar RM dan V menuju kamp militer. Seluruh member BTS resmi memulai wamil, Selasa (12/12/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penggemar grup K-pop Bangtan Boys (BTS) yang dijuluki Army dibayangi ketidakpastian mengenai kelanjutan karier bermusik para idola mereka. Tepatnya, apakah setelah 2025, BTS nantakan berlanjut sebagai grup atau para anggotanya mencari jalan masing-masing?

Para member BTS, yakni RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V, dan Jungkook saat ini sedang menjalani wajib militer (wamil) yang ditetapkan oleh pemerintah Korsel untuk para pemuda. Sementara waktu, penggemar dihibur dengan lagu-lagu dari album solo karier para personel BTS.

Baca Juga

Mereka berjanji akan berkumpul dan bermusik kembali pada 2025 Namun, setelah itu, belum ada informasi jelas tentang keberlanjutan BTS. Dikutip dari laman Hindustan Times, Selasa (23/1/2024), beberapa member BTS, yakni Suga, RM, J-Hope, Jimin, dan Jungkook rupanya memberikan petunjuk di tayangan serial dokumenter "BTS".

Sejak 2018 hingga 2023, BTS sukses mendefinisikan ulang dominasi musik global. Kini, di tengah-tengah jeda karier karena masa wamil para personelnya, muncul pertanyaan, akankah mereka terus melambung ke level baru setelah nanti bersatu kembali?

Keingintahuan kolektif seputar masa depan grup ini dibahas dalam serial dokumenter mereka, "BTS Monuments: Beyond The Star". Terkait pembubaran BTS, kemungkinan besar jawabannya adalah "tidak".

BTS akan terus maju, selama penggemar terus mendukung mereka. Hal itulah yang dikatakan Suga BTS di episode kedelapan serial dokumenter tersebut.

"Kami ingin menghadirkan penampilan yang hebat, dan sangat menyenangkan ketika kami bertemu Army. Saya pikir kami dapat melakukannya 10 tahun lagi hanya karena alasan itu saja," kata Suga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement