Jumat 19 Jan 2024 12:12 WIB

Disantap Bersamaan, Duet Makanan Ini Lebih 'Nendang' Khasiatnya

Kombinasi makanan tertentu lebih nendang khasiatnya bagi kesehatan.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Buah alpukat. Menyantap alpukat bersama tomat akan memaksimalkan khasiatnya.
Foto: Pikrepo
Buah alpukat. Menyantap alpukat bersama tomat akan memaksimalkan khasiatnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat ini, masyarakat dibanjiri dengan saran diet dan tren nutrisi. Namun, kombinasi makanan yang ampuh untuk kesehatan masih diremehkan.

Padahal, penelitian menunjukkan bahwa makanan tertentu, jika disantap berbarengan, dapat meningkatkan penyerapan nutrisi, memperbaiki pencernaan, dan memperkuat manfaat kesehatan dari masing-masing komponennya.

Baca Juga

Untuk kebugaran secara keseluruhan, bagi yang mencari kombinasi makanan yang tepat agar meningkatkan manfaat nutrisinya satu sama lain, ahli gizi Apurwa Agarwal dalam postingan Instagram baru-baru ini membagikan rekomendasinya untuk meningkatkan kesehatan, seperti dikutip dari Indian Express, Jumat (19/1/2024).

1. Tomat dan alpukat

Memasangkan alpukat dengan tomat bukan hanya sekadar kenikmatan kuliner. Ini juga menjadi nutrisi pembangkit tenaga. Kombinasinya tidak hanya meningkatkan cita rasa salad dan sandwich, tetapi juga memaksimalkan bioavailabilitas nutrisi utama.

"Lemak tak jenuh tunggal dalam alpukat membuat likopen pelawan kanker dalam tomat empat kali lebih kuat," kata Agarwal.

2. Apel dan cokelat hitam

Apel dengan cokelat hitam tidak hanya menggugah selera, tetapi juga berkontribusi pada pola makan yang sehat. Antiinflamasi yang penting untuk kesehatan jantung ditemukan dalam apel dan antioksidan kuat ada dalam cokelat hitam.

"Kombinasinya dapat melawan pembekuan darah, meningkatkan sirkulasi, dan mengurangi kemungkinan penyakit jantung," jelas Agarwal.

Untuk menikmati kombinasi makanannya, lelehkan dark chocolate dan lapisi di atas irisan apel atau nikmati sebagai saus. Namun, penting untuk memperhatikan ukuran porsi dan memilih cokelat hitam berkualitas tinggi dengan kandungan kakao minimal 70 persen untuk memaksimalkan manfaat kesehatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement