Jumat 19 Jan 2024 09:41 WIB

Ini Lima Manusia Paling Tajir di Muka Bumi

Diperkirakan dunia akan melihat triliuner pertama dalam satu dekade ini.

Rep: Lintar Satria/ Red: Friska Yolandha
Ilustrasi mandi uang. Berikut daftar orang terkaya di dunia pekan ini.
Foto: Freepik
Ilustrasi mandi uang. Berikut daftar orang terkaya di dunia pekan ini.

Berikut daftar lima orang terkaya pekan ini.

1. Elon Musk: 226,6 miliar dolar AS

Saat ini Elon Musk dianggap sebagai orang terkaya di dunia, dengan kekayaan bersih 226,6 miliar dolar AS. Jumlah tersebut turun dari 245,5 miliar dolar AS pada November 2023.

Selain selain pendiri Tesla, Musk juga CEO dari perusahaan roket SpaceX. Pada tahun 2022, ia juga membeli Twitter, yang sekarang disebut X, seharga 44 miliar dolar AS.

photo
Elon Musk, pendiri Tesla. - (EPA-EFE/ANGELO CARCONI)

Meskipun ia tidak lagi menjabat sebagai CEO platform media sosial ini, ia masih memiliki pengaruh yang luas - dan menghadapi berbagai masalah mulai dari moderasi konten dan ujaran kebencian hingga mengasingkan para pengiklan.

2. Bernard Arnault dan keluarga: 175,1 miliar dolar AS

Menurut Forbes, Bernard Arnault dan keluarganya saat ini memiliki kekayaan pribadi sebesar 175,1 miliar dolar AS. Jumlah tersebut turun dari sekitar 191,3 dolar AS pada November 2023.

Pengusaha Prancis ini menjabat sebagai CEO LVMH Moët Hennessy Louis Vuitton, grup merek barang mewah terbesar di dunia, sejak menjadi pemegang saham mayoritas pada tahun 1989. Ia juga menjabat sebagai presiden dewan direksi Groupe Arnault SE, yang merupakan perusahaan induk keluarganya dan perusahaan investasi.

3. Jeff Bezos: 173,6 miliar dolar AS

Hingga Rabu ini kekayaan bersih Jeff Bezos diperkirakan mencapai 173,6 miliar dolar AS. Naik dari 167,4 miliar dolar AS pada November 2023.

photo
Jeff Bezos, pendiri Amazon.com. - (EPA)

Pada tahun 1994, Bezos mendirikan Amazon dari sebuah garasi di Seattle dan kekayaannya meroket ketika perusahaan ini berkembang menjadi raksasa e-commerce seperti sekarang ini. Ia mengundurkan diri sebagai CEO pada awal 2021, tetapi masih memiliki pengaruh luas atas Amazon sebagai ketua dewan eksekutif dan pemegang saham terbesar perusahaan.

4. Larry Ellison: 134,9 miliar dolar AS

Kekayaan pribadi Larry Ellison saat ini diperkirakan sebesar 134,9 miliar dolar AS turun dari 145,5 miliar dolar AS pada November 2023.

Ellison mendirikan Oracle Corporation, perusahaan perangkat lunak dan manajemen basis data raksasa, pada tahun 1977 dan menjabat sebagai CEO hingga tahun 2014. Ia sekarang menjabat sebagai chief technology officer dan ketua dewan direksi. Ellison, yang juga menjabat sebagai anggota dewan direksi Tesla dari tahun 2018 hingga 2022, menduduki peringkat tinggi dalam daftar miliarder selama beberapa tahun terakhir.

5. Warren Buffett: 119,5 miliar dolar AS 

Pada saat Oxfam mengambil data dari Forbes untuk laporan ketidaksetaraan, Warren Buffett adalah orang terkaya kelima di dunia dengan kekayaan bersih 119,2 miliar dolar AS. Meskipun kekayaan pribadinya relatif stabil sejak saat itu yakni 119,5 miliar dolar AS pada hari Rabu. CEO Meta, Mark Zuckerberg, dan salah satu pendiri Microsoft, Bill Gates, mengunggulinya di peringkat Forbes dengan kekayaan bersih saat ini masing-masing sebesar 129,5 miliar dolar AS dan 120,1 miliar dolar AS.

Selama bertahun-tahun, Warren Buffett mendapatkan reputasi atas kesuksesan dalam berinvestasi dan taktik bisnis yang agresif. Ia mendirikan perusahaan induk Berkshire Hathaway, yang memiliki lusinan perusahaan di berbagai sektor seperti asuransi, manufaktur, utilitas, transportasi, dan ritel.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement