Jumat 19 Jan 2024 08:40 WIB

Pidato RM BTS di Upacara Wisuda Militer Picu Perdebatan Sengit di Kalangan Army

RM BTS menyampaikan pidato di acara wisuda trainee militer.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Foto resmi pertama RM BTS saat menjalani wajib militer muncul di aplikasi The Camp.
Foto: Dok The Camp
Foto resmi pertama RM BTS saat menjalani wajib militer muncul di aplikasi The Camp.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Leader BTS, RM, belum lama ini menyelesaikan pelatihan militer dan terpilih sebagai salah satu "Pelatih Pascasarjana Elite" di Resimen Pelatihan Perekrutan ke-27. Saat menerima penghargaan, RM menyampaikan pidato melalui pesan video dengan berbicara tentang pengalamannya di militer.

RM mengakui kegelisahan dan kekhawatirannya karena memasuki wajib militer pada usia relatif lebih tua. Dia menyoroti pentingnya kekuatan pertahanan di Korea Selatan dan mencatat momen berkesan selama pelatihannya, terutama pawai malam bersama rekan-rekannya.

Baca Juga

"Memang benar aku menunda wajib militerku untuk waktu yang lama dan merasakan banyak kegelisahan dan kekhawatiran karena mendaftar di usia yang cukup tua," kata RM, dilansir Koreaboo, Jumat (19/1/2024).

RM juga menyoroti pentingnya kekuatan pertahanan di Korea Selatan, sebuah negara yang masih terpecah dan berada di tengah gencatan senjata. Pawai malam bersama rekan-rekannya menjadi momen berkesan, di mana persahabatan dan semangat gotong royong dirasakan secara mendalam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement