Selasa 16 Jan 2024 17:00 WIB

RM BTS Sampaikan Pidato Inspiratif di Acara Wisuda Militer, Ini Isinya

RM BTS berkesempatan menyampaikan pidato di acara wisuda trainee militer.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Foto resmi pertama RM BTS saat menjalani wajib militer muncul di aplikasi The Camp.
Foto: Dok The Camp
Foto resmi pertama RM BTS saat menjalani wajib militer muncul di aplikasi The Camp.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Anggota BTS, RM dan V, menerima pengakuan sebagai dua dari enam lulusan trainee elite dalam sebuah upacara wisuda militer. Di acara tersebut, RM tidak hanya menerima penghargaan atas prestasinya, tetapi juga memberikan pidato wisuda yang penuh makna.

RM yang juga leader BTS, menyampaikan kata-kata bijaknya. Dalam pidatonya, RM mengungkapkan perasaan takut dan kekhawatirannya saat memutuskan untuk menunda wajib militer dan bergabung dalam pelayanan militer di usia yang lebih tua.

Baca Juga

"Memang benar saya menunda wajib militer untuk waktu yang lama, dan karena saya bergabung dengan militer di usia yang cukup tua, saya takut dan khawatir tentang banyak hal," kata penyanyi rap berusia 29 tahun itu, dilansir Koreaboo, Selasa (16/1/2024).

Selain itu, RM mengatakan bahwa sebagian besar rekan-rekan di asrama tempatnya tinggal adalah tentara trainee yang lebih muda, yang berusia sekitar 10 tahun lebih muda dari dia. Rapper bernama asli Kim Nam-joon itu kemudian berbicara tentang pentingnya pendidikan kekuatan mental dan bagaimana pelatihan dasar militer di Korea, sebuah negara yang terpecah dan dalam gencatan senjata, membuka matanya akan perlunya militer.

“Saya mempunyai banyak pengalaman yang tidak akan saya alami jika bukan karena Pusat Pelatihan Angkatan Darat," ujar penyanyi rap kelahiran 12 September 1994 itu.

RM juga berbagi momen berkesan selama pelatihan, terutama pawai malam yang baru saja diselesaikannya. Pada saat itu, dia merasakan persahabatan dan dukungan sesama trainee, yang menunjukkan arti kebersamaan dalam kehidupan militer.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement