Kamis 18 Jan 2024 04:03 WIB

Kaki Keseleo Jangan Diurut, Ini Cara Terbaik untuk Memulihkannya

Ada beberapa penyebab yang bisa membuat kaki keseleo.

Kaki keseleo (ilustrasi). Cedera pergelangan kaki memiliki beberapa gejala yang menimbulkan rasa nyeri ringan dan bisa hilang dalam hitungan menit hingga jam.
Foto:

Dokter Andi mengatakan pemilihan sepatu yang tepat juga menjadi faktor penting menghindari terjadinya cedera pergelangan kaki. Selain itu, bagi mereka yang berolahraga lari disarankan memperhatikan teknik berlari seperti posisi kaki, lutut, dan pinggul.

"Usahakan ketika lari menggunakan pijakan bagian tengah telapak kaki, bukan depan atau belakang karena berisiko besar kecuali atlet," ujarnya

Cedera pergelangan kaki bisa sembuh dengan sendirinya dalam hitungan hari hingga pekan apabila luka dijaga dengan baik. Namun, apabila metode penanganan dari rumah tidak bekerja dengan baik, maka sebaiknya temui dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Dokter spesialis ortopedi, lanjut dr Andi, dapat menegakkan diagnosis melalui pemeriksaan fisik. Terkadang, dibutuhkan pencitraan melalui pemeriksaan sinar-X atau MRI untuk meninjau lebih lanjut kondisi dari cedera pergelangan kaki.

"Penanganan akan dilakukan berdasarkan jenis dan tingkat keparahan cedera yang terjadi di pergelangan kaki. Untuk beberapa kasus, seperti patah tulang hingga tendon robek, mungkin membutuhkan pemasangan gips, penggunaan alat bantu jalan, atau bahkan pelaksanaan operasi," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement