Sabtu 13 Jan 2024 08:29 WIB

Lima Film Terbaik Tentang Pemilu Layak Ditonton

Jelang pemilu di Indonesia, lima film ini layak ditonton di akhir pekan.

Rep: Santi Sopia/ Red: Friska Yolandha
Poster film Long Shot yang dibintangi oleh Charlize Theron.
Foto:

3. The Ides of March (2011)

Film Ides of March mengeksplorasi proses pemilihan Presiden dari sudut pandang para staf dan juru kampanye yang benar-benar membuat kandidat mereka terpilih. Ryan Gosling memberikan salah satu penampilan terbaik dalam karirnya sebagai staf politik muda idealis yang mengetahui rahasia mengerikan tentang calon Presiden (George Clooney) yang selama ini ia dukung.

Baik Philip Seymour Hoffman dan Paul Giamatti memberikan penampilan yang mencuri perhatian sebagai manajer kampanye yang berduel dan bersaing untuk mendapatkan informasi penting ini. Hal itu adalah pemeriksaan yang mengejutkan tentang bagaimana berita disaring melalui staf sebelum sampai ke publik dan membuat Clooney mendapatkan nominasi Oscar untuk Skenario Adaptasi Terbaik.

4. Election (1999)

Election arahan sutradara Alexander Payne mengeksplorasi tema patah hati, kampanye manipulatif, taktik kotor, dan politik identitas pribadi yang terjadi dalam kampanye biasa. Plot twist-nya bahwa film tersebut berlatarkan sebuah sekolah menengah atas dan didasarkan pada pemilihan presiden pemerintahan sekolah.

Reese Witherspoon memberikan penampilan paling lucu dalam karirnya sebagai Tracy Flick, seorang siswa yang sedang naik daun dan ambisius. Dia akan melakukan apa pun untuk meraih kemenangan dalam perlombaan. Matthew Broderick sama lucunya dengan guru sekolah menengah atas yang licik dan sangat ingin melihat Tracy kalah.

5. Bulworth (1998)

Selain menjadi salah satu bintang film paling klasik di era New Hollywood, Warren Beatty juga seorang sutradara yang sangat berbakat. Kelima film Beatty sebagai sutradara memiliki sedikit sindiran politik.

Bulworth tahun 1998 dibintangi Beatty sebagai Senator California dari Partai Demokrat yang depresi. Selain itu Jay Bulworth, yang membuat perubahan radikal pada keyakinan politiknya dalam upaya agar tidak terpilih kembali. 

Bulworth sangat terkejut saat mengetahui bahwa kejujurannya yang diungkapkan dengan jelas adalah hal yang ingin didengar para pemilih. Naskah cerdas Beatty membuatnya mendapatkan nominasi Academy Award untuk Skenario Adaptasi Terbaik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement