Jumat 12 Jan 2024 00:23 WIB

Paus Larang Surogasi, 10 Selebritas Ini Pernah Gunakan Jasa Sewa Rahim

Paus berharap komunitas internasional melarang praktik surogasi.

Rep: Adysha Citra Rahmadani/ Red: Reiny Dwinanda
Ibu hamil (Ilustrasi). Paus Fransiskus melarang praktik surogasi.
Foto: Pixabay
Ibu hamil (Ilustrasi). Paus Fransiskus melarang praktik surogasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Paus Fransiskus belum lama ini menyerukan larangan terhadap praktik surogasi atau ibu pengganti. Praktik ini cukup populer di kalangan selebritas dunia sejak bertahun-tahun lalu.

Surogasi, menurut Yale Medicine, merupakan sebuah proses kehamilan dan persalinan yang dilakukan oleh ibu pengganti. Surogasi biasanya akan melibatkan kontrak antara pihak orang tua dan ibu pengganti.

Baca Juga

Secara umum, surogasi dapat dibedakan menjadi dua jenis. Kedua jenis surogasi tersebut adalah surogasi tradisional dan surogasi gestasional.

Pada surogasi tradisional, pihak ibu pengganti juga berperan sebagai pendonor sel telur bagi pasangan yang menggunakan jasanya. Jenis surogasi seperti ini cenderung lebih jarang digunakan karena kerap memicu sejumlah permasalahan.

Surogasi gestasional merupakan jenis surogasi yang lebih umum digunakan oleh banyak pasangan. Pada surogasi gestasional, ibu pengganti tidak mendonorkan sel telur.

Peran ibu pengganti dalam surogasi gestasional adalah mengandung serta melahirkan bayi. Embrio yang dikandung oleh ibu pengganti berasal dari sel telur dan sperma orang lain, seperti dari pasangan yang menggunakan jasa surogasi atau dari pendonor lain.

"Kehamilan pada ibu pengganti akan dilakukan melalui proses in vitro fertilization (IVF atau bayi tabung)," jelas Yale Medicine, seperti dikutip dari laman resminya.

Paus Fransiskus secara tegas menyuarakan ketidaksetujuannya pada praktik surogasi. Paus Fransiskus menilai sewa rahim merupakan bentuk pelanggaran berat atas martabat perempuan yang menjadi ibu pengganti serta anak yang dia kandung.

"Saya berharap ada upaya dari komunitas internasional untuk melarang praktik ini secara universal," ungkap Paus Fransiskus, seperti dilansir Newsweek pada Kamis (11/1/24).

Ironisnya, surogasi saat ini telah menjadi praktik yang cukup populer dilakukan di kalangan selebritas. Berikut ini adalah 10 pasangan selebritas dunia yang menggunakan ibu pengganti untuk mendapatkan keturunan.

Chrissy Teigen dan John Legend

Tiga tahun setelah mengalami kasus bayi lahir mati atau stillbirth, pasangan selebritas ini mengumumkan bahwa mereka telah dikaruniai anak melalui surogasi. Sekitar lima bulan sebelumnya, Teigen juga baru melahirkan seorang bayi. Otomatis, bayi yang didapatkan melalui surogasi menjadi anak keempat dari pasangan tersebut.

Priyanka Chopra dan Nick Jonas

Pasangan ini menyambut bayi pertama mereka, bernama Malti, melalui surogasi. Pasangan ini memilih surogasi karena adanya komplikasi medis yang dapat mempersulit proses kehamilan alami.

Kim Kardashian dan Ye

Kedua selebritas ini menyambut dua anak terakhir mereka melalui surogasi. Anak ketiga Kardashian dan Ye lahir melalui surogasi pada Januari 2018, sedangkan anak keempat mereka lahir melalui surogasi pada Mei 2019.

Khloe Kardashian dan Tristan Thompson

Kardashian dan Thompson memeroleh anak kedua mereka, yaitu Tatum, melalui surogasi. Kabar ini telah mereka konfirmasi secara langsung pada Juli 2022. Tatum dilahirkan oleh ibu pengganti saat Kardashian dan Thompson telah berpisah.

Hilaria Baldwin dan Alec Baldwin

Pasangan ini sempat mengejutkan penggemar saat mengumumkan kelahiran anak mereka, Maria Lucia, pada Maret 2021. Pengumuman ini dinilai mengejutkan karena Hilaria baru saja melahirkan anak lelaki mereka, Eduardo Pao Lucas sekitar enam bulan sebelumnya, yaitu pada September 2020.

Sarah Jessica Parker dan Matthew Broderick

Pasangan ini menyambut kelahiran anak kembar mereka, Marion Loretta Elwell dan Tabitha Hodge, pada 2009 lalu. Parker mengungkapkan bahwa dia memilih surogasi karena mengalami kesulitan untuk hamil kembali setelah melahirkan anak pertamanya, James Wilkie.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement