Sabtu 06 Jan 2024 13:30 WIB

Rhoma Irama Yakin Musik Bisa Mengubah Karakter Orang

Rhoma jadikan musik sebagai media edukasi, berdakwah, dan alat mempersatukan bangsa.

Rep: Muhyiddin/ Red: Reiny Dwinanda
Rhoma Irama dan Soneta jadi band pembuka di konser Deep Purple di Solo, Jumat (10/3/2023). Rhoma yakin musik dapat membawa pesan moderasi beragama.
Foto:

Pada pagelaran ini, sejumlah bakat muda Indonesia yang telah meraih prestasi di bidang musik turut memberikan warna. Donny Evans meraih juara 1 lomba musik moderasi beragama, sedangkan Siska Septiani mendapatkan juara 1 Forsa Idol tingkat nasional.

Hal ini menunjukkan bahwa musik bukan hanya hiburan, tetapi juga sarana efektif untuk menyuarakan pesan moderasi beragama. Kepala Balitbang Diklat Kementerian Agama RI, Suyitno menjelaskan, pemilihan musik dan film sebagai instrumen penguatan moderasi beragama adalah langkah bijak di tengah arus 5.0. Platform konvensional seperti Training of Trainer (TOT), Management of Training (MOT), penggerak, dan insersi dalam kurikulum telah memberikan dampak positif.

"Namun, lebih dari itu, musik dianggap sebagai instrumen yang lebih efektif. Musik, dengan sifatnya yang universal, mampu menyentuh hati lintas agama, suku, dan bangsa," kata Suyitno.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement